Monday, June 8, 2015

Pangsit Goreng Isi Tahu Aci





Bismillah....
Kemarin sore lagi ga ada cemilan, ngintip stok bahan di kulkas, ada kulit pangsit dan tahu putih mentah. Tiba-tiba terpikir mbikin pangsit goreng isi tahu aci. Waktu di Kumamoto, dulu saya sering mbikin tahu aci, pakai tahu kulit yang diisi campuran tahu putih dan aci atau tapioka (klo di Jepang pakai potato starch). Kali ini ga ada salahnya klo saya coba mbikin pangsit goreng yang diisi campuran tahu putih dan aci, dan saya namakan ini pangsit goreng isi tahu aci. Ternyata enak juga hasilnya, isian pangsitnya yang berupa tahu aci rasanya kenyil-kenyil empuk sama sekali ga alot. Bahkan saat dingin juga kenyil-kenyil empuk, dipadu dengan kulit pangsit yang kriuk-kriuk...enaak. Dicocol ke saus sambel ga terasa cepet ludesnya, alhamdulillah. Anak-anak juga mau nyobain walau ga terlalu banyak, yang banyak ngabisin umminya...hehe :D





Pangsit Goreng Isi Tahu Aci

Bahan-bahan :
25 lembar kulit pangsit siap pakai

250 gr tahu putih/mentah, haluskan
100 gr tepung tapioka
2 ikat daun bawang, iris-iris

minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
Bahan Isi : Dalam wadah campur tahu putih, tepung tapioka, bumbu halus dan daun bawang jadi satu.
Aduk rata dan remas-remas dengan tangan hingga tepung menyatu/rata dengan tahu dan bahan lainnya. Koreksi rasanya, bila perlu tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya.
Ambil selembar kulit pangsit, beri 1 sdt bahan isian.
Lipat kulit pangsit sesuai selera yang penting menutupi bahan isian.
Lakukan hingga adonan habis.
Panaskan minyak di wajan agak banyak, goreng pangsit dengan api kecil hingga bagian isi matang dan kulit pangsit kecoklatan.
Angkat dan sajikan hangat-hangat dengan saus sambal.

Note :
Setelah dingin, simpan di wadah tertutup supaya kulit pangsit awet kriuknya.
Untuk takaran tepung tapiokanya bisa ditambah atau di kurangi. Yang di resep sudah pas menurut saya, tapi bila ingin tahunya lebih terasa, tepungnya bisa dikurangi, pakai 75 gr aja.




Sebenernya untuk kulit pangsitnya saya lebih suka yang homemade, tapi pernah mbikin manual (tidak pakai gilingan mie), hasilnya terlalu tebal...hehe. Kebetulan nemu kulit pangsit yang di kemasannya tanpa bahan pengawet, harganya sedikit lebih malah, akhirnya penasaran nyoba. Mudah-mudahan memang tanpa bahan pengawet dan lebih sehat. Karena awal-awal datang saya pernah nyoba beli kulit pangsit dan baunya menyengat seperti bau bahan kimia kuatir banget klo pakai pengawet yang berbahaya. Akhirnya sejak itu saya jadi lebih selektif dan pilih-pilih sebelum membeli kulit pangsit.



8 comments:

  1. kriuk-kriuk kulit pangsitnya bikin ngiler um

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... iya kriuuuk....ngemil ginian ga terasa ya Mbak, tau2 ludes :D

      Delete
  2. Sedeppp bangettt sambel dan kriuksnyaaa....

    ReplyDelete
  3. Saya juga kemarin2 bikin pangsit goreng. Isiannya bakso sama ayam...hihii...pengen juga coba pakai isian tahu aci begini...kriuk kenyal ya mbak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...kulitnya kriuk, isiannya kenyal... yuuk dicoba ^^

      Delete
  4. Makasih mba resepnya..td buat buka puasa aq bikin inih..nyamnyamnyam..

    ReplyDelete