Tuesday, June 2, 2015

Puding Coklat Santan (Tanpa DCC)

Bismillah....
Udah lama ga mbikin puding untuk anak-anak. Zahra putri kedua saya tadi beli puding coklat disekolahnya, 1 cup kecil. Dan anak-anak pada berebut makan pudingnya di mobil. Oalah ternyata anak-anak kangen makan puding, ntar nyampe rumah Ummi buatin puding yang enak ya anak-anak :) Begitu nyampe rumah saya langsung nguplek mbikin pudingnya. Anak-anak minta pakai susu. Tapi karena ga ada susu cair, pudingnya saya buat pakai santan kental instan. Seadanya stok di rumah, dan kebetulan di rumah  ada stok santan kental. Untuk santannya, saya masukkan belakangan setelah api di matikan. Tidak saya tambah air untuk mengencerkan. Jadi langsung dimasukkan dan diaduk-aduk sampai rata. Sengaja tidak saya didihkan santannya, buat mengurangi kolesterol...hehe. Alhamdulillah santannya bisa tercampur rata dan tidak pecah karena santannya tidak dididihkan....soal rasanya, puding ini enaak menurut anak2...hehe tidak manis banget, dan santannya terasa segar, malah mirip puding yang pakai susu cair. Coklatnya juga terasa, fifty-fifty dengan rasa santannya. Alhamdulillah langsung ludes pudingnya, hanya tersisa 1 cetakan yang difoto ini. Dan saat motret, baru bbrp jepretan pudingnya langsung dicomot dan diumpetin Atha-kun. Ya udah, cuma 1 foto ini aja jadinya :D






Berikut ini resepnya, takaran gulanya bisa ditambah karena puding ini sengaja saya buat tidak terlalu manis, membiasakan anak-anak untuk mengurangi manis-manis. Dan untuk coklat bubuknya, saya ngaduknya kurang rata sehingga ada bintik-bintik coklat yang ngendap di dasar puding...jadi kurang cantik, tapi anak2 ga ada yang protes...hehe. Pudingnya ini malah ditungguin didepan kipas angin biar cepat mengeras :D  ditowel-towel dan akhirnya begitu mengeras langsung ludes :D :D


Puding Coklat Santan (Tanpa DCC)

Bahan-bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk warna plain (tanpa warna)
1 sdm nutrijel bubuk plain (tanpa rasa)
75 gr gula pasir (bisa ditambah)
600 ml air 
65 ml santan kental instan (saya pakai santan k*ra)
3 sendok makan penuh coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air
sejumput garam

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali santan kental, jadi satu.
Aduk hingga merata dan tidak ada gumpalan-gumpalan.
Selanjutnya, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga merata.
Masak hingga mendidih, matikan api. 
Masukkan santan kental, aduk-aduk hingga santan tercampur rata.
Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi sedikit air (supaya mudah mengeluarkan).
Biarkan mengeras, setelah dingin masukkan kulkas.
Sajikan dingin-dingin ^^


8 comments:

  1. iish saya belom kesampean lho pengen bikin yang kayak begini heheheh

    ReplyDelete
  2. Mba ummu,mau nyoba puding ini,kalau pake santan beli dipasar apa harus terakhir dimasukkan santan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba cairannya separuh air separuhnya santan Mbak. Airnya didihkan bersama bahan lainnya. Santannya dimasukkan setelah api dimatikan. Santannya jangan lupa, kelapa parutnya diperas dengan air matang ya :)

      Delete
  3. Replies
    1. samaa Mbak...favorit keluarga saya juga, selalu lariis ^^

      Delete
  4. Alhamdulillah, terimakasih Mbk tlh sharing resep ini,kbtulan cucuku suka banget puding coklat/mokka yg kubuat dr puding instan Agar*s.Tp stock sdh habis..Alhamdulillah dulu didatangkan via seapost yg mkn wkt lbh 6 mngg nempuh jrk laut lk 12000 km.Home made insya Allah lbh sehat.Senang sekali bc crita2 di blognya Mbk, masya Allah,bnyk pelajaran hidup bs sy ambil.Bersyukur n bnyk kepuasan bs praktekkan resep2 nya,krn selera nya hmpr sama,hemat bahan,takaran kecil pas banget.Smg Allah SWT Mencurahkan keberkahan unt kelg Mbk. (Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bundaa...senang juga membaca cerita mengenai keluarga Bunda...
      Aamiin...terima kasih atas doanya Bund...Doa yang sama untuk Bunda, semoga Alloh Mencurahkan Rahmat Dan Keberkahan untuk Bunda sekeluarga ^^

      Delete