Saturday, June 27, 2015

Tumis Kerang Tempe Ayam



Bismillah...
Menu berbuka kemarin, masak yang gampang-gampang aja, yaitu tumis kerang tempe ayam. Alhamdulillah si sulung suka banget. Kalau putra-putri saya yang lainnya lebih suka kalau kerangnya dimasak sup kerang bumbu kunci. Kali ini kerangnya saya pakai kerang darah yang sudah direbus dan dikupas. Ayamnya pakai bagian dada boneless. Masaknya jadi lebih praktis. Selesai masak tumisan ini, dilanjut mbikin tahu isi :) Kerang dimasak apa aja selalu enak, dibuat tumisan gini juga gurih, tumisannya saya buat sedikit manis asin, tidak pedas karena buat konsumsi anak-anak. Berikut ini resepnya :





Tumis Kerang Tempe Ayam

Bahan-bahan :
280 gr kerang darah yang sudah direbus dan dikupas, cuci bersih, peras
250 gr tempe, potong dadu, goreng
250 gr daging ayam bagian dada boneless, potong kecil-kecil

4 siung bawang putih, digeprek
4 bh bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, digeprek (kali ini saya pakai lengkuas bubuk)
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
gula dan garam secukupnya
sedikit air bila perlu

sedikit minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Panaskan minyak di wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas hingga harum.
Tambahkan potongan ayam, aduk hingga ayam berubah warna (matang).
Masukkan kerang dan tempe. Tambahkan merica bubuk, jahe bubuk, gula dan garam secukupnya. Tambahkan sedikit air bila perlu. (saya tidak menambah air)
Aduk rata hingga bumbu meresap. Koreksi rasanya.
Angkat dan sajikan ^^

Note ;
Bila ingin pedas, tambahkan irisan cabe merah dan cabe rawit, ditumis bersama bumbu.

2 comments:

  1. Mba Citra apa kabaaaar? KAngeeeen, aku udah lama banget gak pernah buka fb, dan gak nge-browse feed nya blog...jadi gak tau ada apdet apa aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik Mbak...kangeeen jugaa. Lama ga ngobrol. Mbak Eliza aktif di instagram ya. Sedangkan saya ndak, cuma di fb aja, itupun bentar-bentar. Jadinya ga ketemu deh kita...hehe..:D
      Kapan-kapan kita ngobrol lagi yaa Mbak ^^

      Delete