Saturday, April 12, 2014

Kue Putu





Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu mendadak pengen kue putu. Akhirnya langsung mbikin saat itu juga. Dulu pernah mbikin, udah lama banget. Kue putu ini bahannya simple, hanya tepung beras, kelapa parut, air, sejumput garam serta gula merah untuk isian. Resepnya modifikasi resep putu ambon dari blog Mbak Hesti yang pernah saya posting dulu. Makasiih atas inspirasinya ya Mbaak....^^

Kalau putu ambon sedikit kenyal karena pakai campuran tepung beras dan tepung ketan. Kalau putu yang ini saya pakai tepung beras aja, berharap mirip dengan putu bumbung yang biasa dijual waktu kecil dulu ^^

Hasil kue putunya, lumayan enak menurut saya, tapi masih kurang lembab atau moist.... masih lebih lembab putu yang dijual2 itu...hehe...tapi lumayan lah buat tombo pengen. Kue putunya saya kukus di cup-cup kecil, saya kukus selama 30-35 menit, lalu saya keluarkan dari cup, dan saya kukus lagi 10 menitan supaya lebih lembab dan ga kering permukaannya. Kue putu ini paling enak disajikan hangat-hangat, segera simpan di wadah tertutup supaya tidak kering :)





Seperti saya bilang tadi kue putu ini modifikasi dari resep putu ambon yang pernah saya psting disini  atau resep putu ambonnya bisa dilihat langsung di blog Mbak Hesti, Hesti's Kitchen. Berikut ini resep kue putu versi saya :

Kue Putu 

Bahan :
250 gr tepung beras putih
100 gr kelapa parut kering (lebih baik pakai kelapa parut segar)
200-250 ml air (atau secukupnya)
sejumput garam halus

Isi :
Gula merah, serut tipis (*ummi : pakai gula palem)

Cara Membuat :
Panaskan kukusan.
Aduk tepung beras dan garam halus hingga rata. 
Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai berbutir dan lembab, lalu ayak sampai keluar butiran halus. 
Tambahkan kelapa parut, lalu aduk asal rata. (*ummi: kali ini tepung beras, air, kelapa parut saya campur dan aduk rata, beri air sedikit demi sedikit, sambil aduk dengan tangan sampai berbutir halus, jadi tanpa diayak)
Ambil sedikit adonan, masukkan dalam cetakan (saya pakai cetakan silikon), beri gula merah ditengahnya lalu tutup lagi dengan adonan. (adonan tepung tidak boleh ditekan/dipadatkan supaya saat matang tidak keras putunya)
Tata cetakan dalam dandang, kukus hingga matang (kurang lebih 35 menit), bila belum matang, lepaskan dari cetakan, kukus lagi tanpa cetakan.
Angkat, biarkan uap panasnya hilang. Simpan dalam wadah tertutup agar tidak kering.

Note : 
Bila pakai kelapa parut segar, takaran airnya menyesuaikan.
Putunya jadi sedikit bergumpal-gumpal, kurang halus karena tidak saya saring adonan tepung+airnya :)






14 comments:

  1. Subhanalloh, kreatif banget Ummu tombo kangennya. Kalo tinggal di LN jd harus lebih kreatif ya? Kalo nggak, bisa seumur2 merindu makanan tanah air.
    Saya mlh gak kepikiran bikin putu pake cup, taunya pake bumbung kecil2 itu. Krn gak tau dmn beli bumbungnya, jd pasti beli putu jadinya aja.
    Tp skrg jd terinspirasi ma mb Citra ni. Tks ya, mb, anakku suka bgt ma putu gini, tp maknya gak pernah bikinin, hehehe...
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg suka banget putu bumbung, Mbak.... Makanya berusaha mbikin....hehe...
      Enak dimakan anget2, segera simpan di wadah tertutup supaya tdk cepat kering...
      Sebenernya masih krg lembab menurut saya, tp lumayan buat tombo kangen :)

      Delete
  2. wahhh aku suka sekali kue ini..mau nyoba ahh..tq for share ya mbakkk..kalo di medan namanya putu bambu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada yang bilang putu bambu....yuuk dicoba Mbak...semoga cocok ^^

      Delete
  3. ummu saya paling bingung pas bagian nyampurin airnya... suka kelembekan, gak remahan gitu... jadinya keras deh...heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kelembekan saya tambah tepung lagi Mbak....diremas2 sampai berbutir....ini juga klo dingin dan dibiarkan ditempat terbuka, lama2 agak mengeras dan kering....paling enak dimakan hangat2....segera simpan diwadah tertutup supaya gak kering ^^

      Delete
  4. bu ummu pengen,,,,ini tepung berasnya pakai yg dibeli di a price n trial bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai tepung beras yang beli di kokai Mbak....di a-price jg ada...klo di trial belum pernahbeli. Bisa pakai tepung beras apa aja :)

      Delete
    2. Di seberang toko telur Mbak.... Yang jual kedele, kacang ijo, nori, dll.... Jual tepung beras jg. Atau di toko sayur di depan toko tisu kadang2 juga ada ^^

      Delete
  5. Replies
    1. Makasiih.....makan kue ini serasa kembali ke masa kecil, Mbak :))))))

      Delete
  6. Ummu, mohon ijin untuk coba resep2 nya yah..
    makasih atas tambahan ilmu nya ummu..
    bener kata mbak2 diatas yang sebelumnya, kebayangnya putu harus pake bambu dan bunyi, ternyata bisa pake alat apa aja dan dikukus aja udah jadi.. semoga bisa yah ummu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas Mbak..monggo silahkan dicoba2...semoga cocok yaa ^^
      Iyaa Mbak... Dulu juga ga pernah mbayangin, kue putu ternyata bisa dimasak gini :)

      Delete