Saturday, August 31, 2013

Pisang Goreng Kismis



Bismillah....
Apa kabar semuanya??? semoga kita semua selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya...aamiin. Mau berbagi cerita nih, alhamdulillah...beberapa hari yang lalu, saat belanja ke swalayan di pasar, saya sedang beruntung banget. Dapet pisang kepok yang muraah, cuma 50yen (sekitar Rp.5000,-) isi 5-6 biji. Kenapa saya bilang murah?? karena harga seharusnya 398yen (sekitar Rp. 40.000,-). Pisangnya ini lagi di-sale/obral, karena kulitnya mulai hitam2, tapi dalamnya masih bagus lho, walau kadang sedikit kematangan (tapi ga mblenyek). Harganya jadi turun drastis, buat saya sih ga masalah kulitnya hitam2 yang penting dalamnya bagus dan ga busuk. Yang kulitnya hitam2 malah lebih manis :) Pisang kepok disini memang terbilang langka serta mahal, hanya dijual disatu toko ini dan harganya memang 4x lipat dari harga pisang cavendish!! Saya biasanya beli pisang kepok ini nunggu kalo harganya murah...hehe  #emak2ngirit :D

Di pasar atau swalayan di jepang sini, kadang2 suka ada sayur dan buah stok kemaren yang udah ga seger dan karena restok datang barang baru, akhirnya yang lama jadi turun  harganya, biasanya sih dil
etakkan ditempat terpisah. Disini, harga selalu sebanding dengan kualitas barangnya. Pedagang disini jujur, kalau barangnya kurang bagus, maka ia ga akan berani menjual mahal walau misal secara kasat mata tidak nampak banget kekurangan barangnya.  Seperti apel misalnya, lebam atau tergores dikiiitt aja, harganya jadi murah. Beda dengan pedagang di pasar2 di Indonesia ya, terkadang barang yang bagus, dicampur jadi satu dengan barang yang udah jelek, akhirnya konsumen jadi sering merasa tertipu dan kurang puas... #pengalaman pribadi :( 






Oya, kembali ke masalah pisang kepok, pisang kepok disini kebanyakan impor dari filipina, manis banget klo di goreng, uenak pokoknya. Waktu itu saya dapet pisang kepok 4 bungkus...waah..seneng banget, bisa mbikin pisang goreng terus nih selama beberapa hari ini....hehe...pisang goreng kesukaan anak-anak ^^

Klo mbikin banana cake sih cukup pakai pisang cavendish aja, klo mbikin pisang goreng cocoknya pake pisang kepok karena pisang cavendish lembek atau mblenyek klo digoreng. Jadi saya mbikin pisang gorengnya nunggu dapet pisang kepok dulu, atau klo udah terpaksa, kepengen banget makan pisang goreng....ya akhirnya pakai pisang cavendish, walau jadinya lembek dan rasanya ga semanis klo pakai pisang kepok.





Resep pisang gorengnya udah pernah saya posting sebelumnya, di resep pisang goreng keju coklat hanya saja kali ini diberi kismis dan tanpa misis ataupun keju. Ditambah kismis pisang gorengnya jadi lebih kaya rasa, hmm...ada rasa asam dan krenyes2 kismisnya. Suami suka banget, tapi sayang anak2 kurang begitu suka kismisnya, tapi tetep aja lariiiss !! Buat temen2 yang ingin tau resepnya disini, saya tulis ulang resepnya yaaa :

Pisang Goreng Kismis

Bahan-bahan :
8 buah pisang kepok, potong kotak2
150 gr tepung terigu

2 sdm tepung beras (bisa diskip/diganti terigu)
50 gr gula pasir atau sesuai selera
sejumput garam
130-150 ml air atau secukupnya
1 butir telur
minyak untuk menggoreng
kismis secukupnya


Cara Membuat :

Campur tepung terigu, tepung beras, gula dan garam. Aduk rata.
Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk. Setelah campuran tepung rata, tidak ada yg bergumpal2, masukkan telur aduk kembali hingga rata.

Panaskan minyak di wajan. 
Masukkan potongan2 pisang dan kismis ke dalam campuran tepung. Aduk perlahan hingga seluruh pisang terlumuri tepung.
Ambil sesendok adonan pisang, goreng dalam minyak panas, hingga kedua sisinya matang kecoklatan.
Angkat dan tiriskan. Sajikan ^^




Info Kesehatan :

Manfaat Kismis
Source : Kompas Health

Kismis ukurannya kecil, tetapi kandungan kalorinya besar karena berisi gula yang tergolong tinggi. Gula yang menimbulkan rasa manis ini membuat kismis menjadi kudapan yang digemari anak-anak.

Konsumsi secara moderat tidak menjadi masalah karena kismis dibuat dari anggur merah yang dikeringkan. Bila dibandingkan dengan bahan segarnya, kadar serat kismis jauh lebih tinggi karena bentuknya lebih kering.

Sekitar 40 gram kismis dihitung sebagai satu porsi buah. Ini berarti setengah dari konsumsi buah harian yang direkomendasikan bagi anak dengan diet 1.000 kalori.
Selain mengandung antioksidan, kismis juga tinggi karbohidrat serta kaya serat dan zat besi. Dalam kismis juga terkandung potasium dan zat besi. Sekitar 7 persen kebutuhan dua mineral tersebut bisa diperoleh dari 25 gram kismis.

Namun, pemberian kismis bagi anak harus diperhatikan. Bentuknya yang kecil bisa menyebabkan anak tersedak. Itu sebabnya, Texas Children Hospital, Amerika Serikat, tidak menganjurkan pemberian kismis pada anak berusia di bawah dua tahun.

Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, ahli teknologi pangan dan gizi dari IPB, kandungan kismis yang utama adalah karbohidrat, vitamin, dan mineral, sedangkan kadar proteinnya rendah. Rasa manis yang timbul pada kismis memang disebabkan kadar gula yang cukup tinggi. Jenisnya gula sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Sukrosa dan fruktosa relatif lebih sedikit membuat gigi berlubang.

Menghambat Bakteri
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Illinois, Chicago College of Dentistry, AS, menunjukkan bahwa konsumsi kismis membantu mencegah terjadinya gigi berlubang serta penyakit gusi. Rupanya, lima jenis antioksidan yang terdapat pada kismis berguna dalam pencegahan tersebut.

Kandungan asam oleanolik dan komponen fitokimia lainnya juga menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, terutama bakteri yang bertanggung jawab terhadap kerusakan gigi. Fitokimia merupakan komponen antioksidan alami yang dijumpai pada tumbuhan.

Fitokimia yang terdapat pada kismis yang spesifik ini membantu melawan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Begitu pernyataan Julie Jones, Ph.D, profesor bidang gizi dari College of St. Catherine.

Asam tersebut akan menghentikan upaya bakteri dari perlengketan pada permukaan gigi. Dengan demikian, akan mencegah terjadinya plak. Hasil penelitian yang dibiayai oleh California Raisin Marketing Board dipresentasikan awal tahun 2005 pada pertemuan American Society for Microbiology, Atlanta, AS.

Walau demikian, masih banyak ahli yang tetap menganggap bahwa kismis bisa merusak gigi. Ada benarnya pernyataan itu, terlebih bila sehabis mengonsumsi kismis anak lupa menggosok gigi.

Sebenarnya ada dua faktor utama yang meningkatkan risiko gigi berlubang pada anak. National Network for Child Care, Iowa State Unviersity, menyebutkan bahwa lamanya makanan berada pada mulut dan jumlah kandungan gula yang ada pada makanan yang dikonsumsi, akan meningkatkan risiko kerusakan gigi. Bila makanan tersebut lengket atau dikulum, akan bertahan lebih lama dalam mulut. Makanan seperti popcorn yang berselaput karamel lebih cenderung menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

Beberapa jenis makanan menjadi masalah saat dikonsumsi tersendiri, tetapi tidak menjadi masalah ketika diasup sebagai bagian dari makanan utama. Gigi mempunyai kesempatan lebih baik untuk membersihkan zat bergula oleh makanan lainnya dan cairan yang ikut masuk ke mulut. Cara terbaik adalah membuat makanan yang lengket seperti buah kering sebagai bagian dari makanan utama dan berikan buah segar sebagai kudapan bergizi.

Beberapa fakta tentang kismis:
1. Di AS, kismis populer sebagai penyerta sarapan. Biasanya ditambahkan pada sereal. Di Indonesia, kismis lebih banyak dikonsumsi sebagai kudapan.

2. Kismis rendah sodium, bebas lemak, dan sumber yang baik untuk zat besi, potasium, serta serat. Kismis juga kaya antioksidan, bahkan memegang peringkat buah paling kaya antioksidan. Pada 100 gram kismis terkandung 2.830 ORCA unit atau oxygen radical absorbance capacity (kapasitas untuk menyerap oksigen radikal). ORCA adalah ukuran kekuatan antioksidan dalam makanan.

3. Menurut Charles Stuart Platkin, ahli gizi dan penulis buku The Automatic Diet, kalori kismis sayangnya akan bertambah sekitar satu kalori per kismis. Tidak seperti anggur. Satu kotak kecil kismis (biasanya dijual dalam bentuk kemasan kotak) bisa mengandung 45 kalori. Kismis tidak mengenyangkan seperti buah lain atau anggur merah yang lebih banyak kandungan airnya dan lebih rendah kalori.

4. Sebelum kemasannya dibuka, kismis bisa tahan lama di dalam suhu ruang. Namun, begitu dibuka, perlu dimasukkan ke dalam lemari es. Pilih kismis dengan warna yang baik (tidak terlalu gelap), juga tidak rusak akibat serangga.

5. Untuk mendapat manfaat sehat kismis, Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti bahan pemanis dalam makanan anak. Taburkan sekitar 10-15 kismis pada sereal untuk memperoleh rasa manis. Bisa pula dicampurkan saat membuat mufin, sebagai pengganti keping cokelat. Kismis bisa ditambahkan pada oatmeal untuk menambah rasa atau ditaburkan pada roti yang telah diolesi selai kacang untuk memperkaya serat.

Komposisi Zat Gizi Kismis per 100 gram
Air (g) 14,9
Energi (Kal) 302
Protein (g) 3,39
Lemak total (g) 0,46
Abu (g) 1,66
Karbohidrat (g) 79,52
Total serat (g) 4
Gula (g) 59,19
Kalsium (mg) 53
Zat besi (mg) 1,79
Magnesium (mg) 35
Fosfor (mg) 115
Potasium (mg) 746
Sodium (mg) 12
Zinc (mg) 0,32
Tembaga (mg) 0,363
Mangan (mg) 0,308
Selenium (mkg) 0,7
Vitamin C (mg) 3,2
Riboflavin (mg) 0,19
Niasin (mg) 1,142
Folat (mkg) 3
Vitamin K (mkg) 3,5
Vitamin E (mkg) 0,12

Sumber: weightlossforgood.co.uk


6 comments:

  1. ketika di Solo nyari pisang kepok bagus melimpah jumlahnya. Begitu di Ciledug, beli pisang kepok bikin kapok. Kering dan anyep. Pisang yang masih muda dikasih karbit kayaknya biar cepet mateng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, samaa... disurabaya, klo di tukang sayur, pisangnya kepet2 (kurang berisi) dan ga manis, masih pisang muda...klo ke pasar baru bisa dapet yg bagus2, tapi mahal :(

      Delete
  2. Kalo di bandung beli pisang kepok, suka di tanya punya burung berapa?
    padahal pisang kepok kan enak yah....:(

    baru tau kalo bikin pisgor pake kismis, enak jg kayaknya ya... makasih idenya um^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaa...kok pisang kepok identik dengan burung?? sayang amat ya pisang kepok yang enak mnais dikasih ke burung, yang punya jg doyaan :p
      eh, tapi pas kecil saya juga sering diajak Bapak saya beli pisang kepok buat burung di rumah, tapi belinya yang murah2 aja. Klo yang mahal dan bagus2 buat digoreng :D

      cobain Mbak, dikasih kismis, jadi lebih yummy :)

      Delete
    2. hihhi iya, kalo di bandung sih gt.. mungkin saking murahnya pisang kepok, jadi itu aja yang dikasihin.. disini 2500 dpt sesisir mbak:D

      Delete
    3. waah murahnya....klo di surabaya jarang yg harga segitukecuali yang kepet-kepet atau tipis2 isinya...kalo yang bagus dan berisi, bisa 20ribuan sesisir Mbak...

      Delete