Thursday, January 28, 2016

Martabak Brownies




Bismillah....
Ini adalah camilan yang saya buat hari minggu lalu. Pengen banget mbikin martabak manis, tadinya mau pakai resep andalan seperti biasa, eh tapi tiba-tiba berputar haluan pengen mbikin martabak brownies aja. Terakhir mbikin martabak brownies waktu bulan puasa lalu, udah lamaa...dan resepnya ternyata belum sempat saya posting di blog. Pas udah mateng, langsung diberi topping dan dipotong-potong, beberapa batch pertama wuuss...langsung ludess...anak-anak doyan bangeeet...abi dan umminya juga donk...hehe. Nyisain dikit buat dipotret2. Alhamdulillah.... seneng banget klo mbikin camilan dan anak-anak suka. Martabak manis dan martabak browies ini salah satu andalan saya, karena mbikinnya gampang, resiko bantatnya kecil (kecuali raginya mati ya), dan yang pasti anak-anak selaluuu sukaaaa. Alhamdulillah. Sengaja saya buat agak banyak karena klo mbikin dikit, udah pasti kuraang...hehe. Martabak brownies ini lembut dan nyoklat...tanpa topping pun udah enak. Berikut ini resepnya : 





Martabak Brownies

Bahan-bahan :
350 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
3 butir telur
400 ml santan atau susu cair
100 gr margarin
70 gr dcc (dark cooking chocolate), potong-potong
1,5 sdt ragi instan
sedikit garam

Olesan :
Margarin

Taburan (secukupnya) :
Gula Pasir
Keju parut
Susu kental manis

Cara Membuat :
1. Lelehkan mentega, masukkan dcc. Matikan api, aduk-aduk hingga dcc meleleh.
1. Campur tepung terigu, gula, garam, telur, ragi instan, dan santan  jadi satu di wadah , kemudian kocok dg mixer kecepatan rendah asal rata, masukkan lelehan dcc, aduk hingga rata. Matikan mikser. Diamkan sekitar 30 menit
2. Panaskan fry pan/wajan datar anti lengket. Jika sudah panas, tuang adonan ke dalam fry pan, gunakan api kecil (tidak usah dioles minyak atau margarin)
3. Jika sudah muncul lubang-lubang dan bagian pinggirnya mulai mengering, taburi gula pasir, kemudian tutup fry pan (gula pasirnya berbeda dengan yg dipakai untuk adonan)
4. Setelah matang yaitu permukaan atas kering (tidak basah atau lengket), angkat martabak manis dan letakkan di talenan atau piring datar.
5. Bagi dua martabak manis, (masing2 setengah lingkaran), olesin margarin cepat2
6. Olesi susu kental manis dan taburi keju parut lalu tumpuk.
7. Potong-potong dan sajikan ^^

Note :
Bahan taburan bisa diganti meses coklat, kacang tanah tumbuk kasar, wijen dll :)
Satu resep ini saya jadikan 4-5 batch, saya pakai fry pan ukuran 22cm.
Kalau ingin lebih nyoklat, bisa ditambahkan 1-2 sdm coklat bubuk di adonan mentahnya.

5 comments:

  1. Mba Citra sudah ada buku resep ya? Subhanallah...
    Kalau mau pesan bisa ke Mba Citra langsung kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...alhamdulillah sudah terbit 14 Desember 2015 lalu. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka. Buku bisa didapatkan di toko buku Gramedia terdekat ^^

      Delete
  2. Alhamdulillah, judulnya apa Mbk? Insya Allah bs request slh satu kelg di Ind.
    Masya Allah ya,di tengah2 kesibukannya msh bs berkarya melengkapi khasanah buku masak Indonesia (spt Mbk Diah, Mbk Endang,dll?)..Smg barokah.(Salam dari Omi van Obien).

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum ummu... saya sudah coba resep martabaknya. Alhamdulilah keluarga saya suka. Terima kasih sharenya umm...

    ReplyDelete