Thursday, April 7, 2016

Tumis Terong Teri Medan Pedas

Bismillah...
Balado terong dan tumis terong adalah salah satu menu favorit suami. Biasanya tumis terong gandengannya ikan teri...paling enak disajikan hangat-hangat karena terinya masih renyah, kriuk-kriuk. Kali ini terongnya ditumis bersama teri medan (yang setengah kering), alhamdulillah enak juga. Terongnya saya pakai terong hijau. Jadi ingat terong Kumamoto, disana terong banyak dijumapi, hampir setiap musim selalu ada. Harganya hampir sama dengan harga terong di Indonesia. Orang-orang jepang suka sekali terong. Bahkan tanaman terong, pare, sawi, bawang bombay, dll, banyak ditanam di halaman-halaman rumah warga disana. Menyenangkan ya bisa menanam sayuran sendiri, organik dan tanpa pestisida. Saat yang paling membahagiakan tentu saat panen tiba, senangnyaa.. MasyaAlloh. Kalau disini, saya biasanya panen cabe rawit, daun salam dan daun pandan,...hehe belum ada sayuran lain-lainnya karena lahan terbatas, lebih banyak ditanami tanaman hias dan bunga2. Kali ini bunga anggrek dan mawar melati yang banyak mekar. Kembali ke postingan tumis terong yaa, berikut ini resepnya :





Tumis Terong Teri Medan Pedas

Bahan-bahan :
6 buah terong, cuci bersih dan buang bonggolnya, potong-potong
100 gr teri medan (setengah kering), cuci dan tiriskan/peras

5 siung bawang putih, iris tipis
6 bh bawang merah, iris tipis
3 bh cabe merah, iris serong
8 buah cabe rawit, iris-iris
2 lb daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya (bisa pakai gula merah, disisir)

minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara Membuat :
Goreng terong hingga matang, angkat dan tiriskan.
Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, daun salam dan lengkuas hingga harum.
Masukkan teri medan, aduk-aduk hingga teri matang, masukkan terong yang telah digoreng.
Tambahkan gula garam, merica bubuk dan jahe bubuk. Aduk-aduk hingga bumbu meresap.
Koreksi rasanya, tambahkan bumbu bila perlu. Matikan api.
Sajikan hangat-hangat.



3 comments:

  1. Senangnya bisa bercocok tanam sendiri ya mba. Kalau tinggal di apartemen kecil susah mba. Alhamdulillah bersyukur dikaruniai halaman walaupun kecil tempat anak2 bermain. Tumia terongnya menggoda mba. Kalau kami seringnya dibalado aja ni terong. Coba juga begini kayaknya enak ya. Baru tau juga orang jepang suka terong.

    ReplyDelete
  2. Senangnya bisa bercocok tanam sendiri ya mba. Kalau tinggal di apartemen kecil susah mba. Alhamdulillah bersyukur dikaruniai halaman walaupun kecil tempat anak2 bermain. Tumia terongnya menggoda mba. Kalau kami seringnya dibalado aja ni terong. Coba juga begini kayaknya enak ya. Baru tau juga orang jepang suka terong.

    ReplyDelete
  3. yummy,,,cuma suami lebih suka kalo terongnya dikasih santan kyk sayur lodeh tuh

    abon ikan tuna | Inspirasi | abon ikan lele | abon tuna

    ReplyDelete