Tuesday, June 10, 2014

Cake Pisang Coklat Ketan Hitam



Bismillah....
Apa kabar semuanya....lama ga nengokin blog, udah banyak debu disana sini, hehe :) Alhamdulillah di sela-sela kesibukan packing, masih sempat motret kilat nih...hehe..., dan musti buru-buru  saya posting sebelum keburu lupa resepnya ... hehehe :) 
Ceritanya, pas saya beres-beres rak makanan, nemu 3 pack tepung ketan hitam....alhamdulillah, masih ada ternyata, berasa nemu harta karuun....hehe...ga sabar pengen segera eksekusi. Kebetulan punya banyak stok pisang yang udah matang, kulitnya blirik-blirik, juga masih ada stok coklat bubuk. Segera deh dieksekusi.   Daann hasilnya adalah cake pisang coklat ketan hitam ini ^^
Beberapa teman foodblogger sudah banyak memposting cake pisang coklat ketan hitam, jadi penasaran seperti apa rasanya ....tapi yang ini versi saya yaa, karena ga sempat browsing-browsing, akhirnya saya coba kira-kira aja takaran bahannya. Berikut ini resepnya yaaa :


 


Cake Pisang Coklat Ketan Hitam

Bahan-bahan :
4 butir telur
150 gr tepung ketan hitam
115 gr gula pasir
250 gr pisang cavendish yang sudah dikupas (2 buah), haluskan
25 gr coklat bubuk
110 ml minyak sayur

Cara Membuat :
Panaskan oven 180 deg C.
Campur tepung ketan hitam dan coklat bubuk, ayak. Sisihkan.
Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga memucat dan mengembang. (Kira-kira lamanya mengocok 5-10 menit).
Kecilkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan campuran tepung, aduk perlahan hingga rata. Jangan over mix.
Masukkan minyak, aduk asal rata. 
Terakhir masukkan pisang, aduk hingga rata. Jangan over mix.
Tuang adonan ke dalam loyang persegi 18cm yang sudah dioles minyak. 
Oven selama 35-40 menit atau hingga matang.





Hasil cake nya seperti dugaan saya, enaak banget... perpaduan pisang, coklat dan ketan hitamnya unik dan rasanya legit...enaak ....hampir mirip brownies ketan hitam tapi rasa pisang, jadi brownies pisang ketan hitam kali ya. Ketan hitamnya masih tetep dominan, terasa berpasir terutama di bagian permukaan cakenya yang memang lebih kering. Bagian dalamnya moist dan lembab/basah karena faktor pisangnya tadi dan rasanya pisangnya terasa banget karena pisangnya lumayan banyak takarannya. Coklatnya juga terasa walau tidak dominan banget. 

Kalau cake ketan hitam biasanya cenderung spongy, kalau yang ini lebih mirip brownies ketan hitam....ga seret/kering malah mirip brownies kukus pisang juga. Enaak bangeet, legiiit....olahan ketan hitam mah selalu enaak ya. Sepotong cake ini ternyata cukup mengenyangkan, tapi tetep aja pengen ngemil terus, ga bisa berhenti :D :D Buat para penggemar olahan ketan hitam, ga ada salahnya dicoba yuuk, ....silahkan di modifikasi sesuai selera ^^


4 comments:

  1. wahhh...patut di coba ni umm...
    apa kabar umm.... ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk dicoba Mbaak ^^
      Alhamdulillah saya sekeluarga baik Mbak....:)

      Delete
  2. Mbak Citra, saya coba resep ini semalam. 2 hari ber-turut2 coba resep mbak. Pertama cake kukus kentang keju, komentar sdh saya kirim kemarin. Kedua resep ini. Enak, tekstur khas ketan hitam, gak terlalu manis. Kemarin sempat ada insiden, gas habis wkt kue sdh di dlm oven kira2 25'. Cepet2 ganti gas yg sdh standby, untungnya api langsung nyala. Kadang2 kan ada masalah dg karetnya. Syukurlah kuenya gak bantat. Hanya kalau habis makan, harus ngaca, cek gigi ada hitam2 yg tertinggal atau tdk. He..he.. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah klo berhasil dan cocok Mbak. ...silahkan dimodifikasi sesuai selera ^^
      Kalau saya kurang suka cake dan kue2 yang terlalu manis...hehe

      Delete