Wednesday, March 5, 2014

Seblak Basah Daging Sapi




Bismillah....
Pertama kali kenal nama seblak, dari postingan seblak ceker di blog Mbak Ayudiah Respatih, dan berikutnya saya dapati postingan seblak basah di blog Mbak Rina Audie. Setelah itu banyak liat postingan seblak seliweran di facebook. Duuh jadi tambah ngiler, seblak ini ternyata cukup populer di Jawa Barat. Akhirnya saya mbikin seblak basah, pakai resep Mbak Rina yaitu pakai kerupuk yang direndam air panas hingga lunak kemudian dibumbu pedas, bumbu seblak biasanya bawang putih, bawang merah, kencur, cabe dan gula garam. Simple ternyata, sekalian memanfaatkan kerupuk mentah yang ternyata kurang mekar saat digoreng. Akhirnya bisa saya manfaatkan juga untuk mbikin seblak ini.

Kali ini seblaknya saya tambahkan daging sapi, sekalian buat lauk...hehe... :)  Ini kedua kalinya saya mbikin seblak ini....yang pertama ga sempat kefoto, udah abis duluan :D .Buat Mbak Rina, makasiih sharing resepnya ya Mbaak .... dan buat Mbak Ayu, makasih juga sharingnya, kapan2 pengen nyobain resep seblak cekernya....seblak memang nagihin ^^






Resep berikut ini versi saya, buat yang ingin melihat resep aslinya silahkan mengunjungi blognya Mbak Rina Audie yaa....

Seblak Basah Daging Sapi
Source : Dapur Manis, blog Mbak Rina Audie 

Bahan-bahan :
150 gr kerupuk udang mentah
250 gr daging sapi, rebus hingga empuk, iris tipis kecil-kecil
2 batang daun bawang daun, iris halus
50 ml air rebusan daging atau secukupnya
gula dan garam secukupnya
minyak untuk menumis 

air panas untuk merendam kerupuk

Bumbu, haluskan:
2 buah cabe merah keriting
3 siung bawang putih
1 cm kencur (saya pakai 2 cm kencur)
2 butir bawang merah (saya pakai bawang bombay ungu)

Taburan:
Bawang merah goreng (saya ga pakai)

Cara Membuat:
Rendam kerupuk dalam air panas hingga kenyal (± 10 menit), tiriskan. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, matang dan agak kering. 
Masukkan daging sapi dan kerupuk yang sudah direndam, aduk rata.
Tambahkan bawang daun, gula dan garam, aduk rata.
Tuangi air rebusan daging, masak sejenak hingga semua bahan matang. Cicip rasanya. Angkat. 
Sajikan dengan bahan taburan.

Note :
Untuk kerupuknya saya rendam sedikit lebih lama yaitu hingga lunak, jika kerupuk sudah lunak, saat ditumis bersama bumbu tidak saya tambah air lg.
Sebelum dimasak pastikan kerupuk yang sudah direndam tidak saling menempel.
Untuk bumbu halusnya, saya pakai 8 bh cabe kering. Tapi tidak saya haluskan, saya potong2 dan ditumis bersama bumbu halus.



14 comments:

  1. hmmm.... emang enak mi, kenyel2 pedes manis... hmmm... unik di lidah.. hehehe... tambahin jagung manis pipilan tambah maknyus mi.... saya udah pernah bikin, tapi gak kefoto... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...harus mbikin lagi Mbak Lina, trus difoto :D
      hmm...bener....tambah jagung manis makin ok kayaknya....sayang belum musim, nunggu musim panas baru musim....

      Delete
  2. emhh ummu itu dagingnya menggoda sekali... pedes2 gimaana gitu... ampe ngeces2 nih. Jadi seblaknya bergizi banget...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..pedesnya mbikin siiippp....tapi ini cabenya ga saya haluskan....ngulek cabe kering mah sampe pegel jg ga bakal halus :D
      saya tambah daging, sekalian buat lauk Mbak....hehe...:D

      Delete
    2. Oya, saya pengen mbikin seblak ceker.....tapi disini ga ada yg jual...harus beli online di luar kota....akhirnya belum kebeli jg :(
      nunggu klo pulang ke indonesia aja deh...insyaAlloh september kami balik ke indonesia ^^

      Delete
    3. hihi iya hrs di grinder mungkin:)

      wah susah jg yah nyari cekernya... :D
      ummu pulang sekeluarga, apa liburan aja ke Indonesia?

      Delete
  3. udah stok krupuk dari kapan hari belum diolah juga. Ih jadi ngiler mbayangin rasanya yang pedes itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rinaaa...makasiih resepnya ya Mbak....masih banyak resep Mbak Rina yg belum saya coba nih...pengen nyobain bika ambon resep Mbak Rina, irit telur soalnya :)

      Delete
  4. enak dah nyoba juga bikin sablak ,cuma ga pke daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah... Udah nyoba ya Mbak... Seblak memang enaak, pakai apa enaak ^^

      Delete
  5. SEDEP BANGET LIAT FOTONYA BUN, JADI PENGEN BUAT JUGA, MAKASIH RESEPNYA BUN..

    ReplyDelete