Monday, March 31, 2014

Japanese Chicken Curry / Kare Raisu



Bismillah....
Ini adalah Japanese Curry atau yang dikenal juga sebagai kare raisu (raisu = katakana dari rice) yaitu nasi kari nya orang jepang nih. Yup, orang jepang juga suka kari.  Tapi di jepang sini bumbu rempah-rempah agak langka, yang beredar segar dipasaran cuma jahe, kunyit (kadang2), bawang bombay, bawang putih, jadi bumbu-bumbu lainnya  kebanyakan impor, seperti jintan, ketumbar, dan lain-lain. Masakan-masakan jepang jarang menggunakan daun jeruk, serai, daun salam (yang ada laurier bentuknya dan aromanya agak berbeda), ketumbar, lengkuas, kencur, dll....kalau disini, aneka bumbu dan rempah-rempah ini hanya dijual di toko milik orang Indonesia atau halal onlineshop milik orang Indonesia atau Asia. Jadi sebenernya masakan2 jepang itu simple bumbunya lho, cuma bawang bombay, bawang putih, merica jahe, kecap, dashi....hehe....cuma kare raisu ini yang agak berat bumbunya, tapi kebanyakan bumbu kari-nya ala pakistan, bangladesh, India, dll.... :)





Kali ini untuk bumbu kari nya / curry roux nya saya pakai bumbu jadi, suami saya yang sebenernya ngidam pengen makan kare raisu karena sering liat di kantin kampus, sayangnya tidak bisa beli karena dagingnya tidak halal. Dan karena belum pernah merasakan kari jepang itu seperti apa,  akhirnya suami beli bumbu jadi dulu....ntar kalau sudah tau rasanya tinggal mbikin sendiri. Jadi masaknya simple, tinggal ditambah bawang bombay, bawang putih, jahe, madu, kecap asin, kecap manis dan black pepper aja :)

Ciri kare raisu ini kuahnya kental, warnanya coklat kekuningan karena bumbunya mengandung kunyit dan kecap. Rasa bumbu kari yang saya coba ini, hmm...seperti kari khas pakistan, india, bangladesh, seperti yang saya bilang tadi....aromanya mirip kari dan nasi biryani buatan orang bangladesh yang biasanya kami makan saat gathering di masjid :) Sebatas yang saya rasakan bumbunya terdiri dari jahe, kunyit, ketumbar, jintan, hmm...apa lagi ya, sepertinya tidak ada aroma daun-daunan aromatik :) Untuk detail resepnya silahkan dilihat langsung di Simple Curry Recipe by Just One Cook Book. Bahan utamanya saya pakai daging ayam, kentang dan wortel. Bisa juga pakai daging sapi, tahu, seafood, dll. Di blog Just One Cook Book juga ada resep Homemade Curry Roux, silahkan di ceki-ceki disana yaa ^^





6 comments:

  1. hmm... unik ya ummu.... saya sering liat nasi kare ini di manga naruto hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...rasanya unik...langsung ingat kari dan nasi biryani nya org bangladesh....mirip ^^
      di sini ada curry house...hehe resto khusus curry...persis gini deh penampakannya :)

      Delete
  2. ternyata orang jepang doyan kari juga to. Baru tau deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak.... Orang jepang jg suka kare, tapi ga bersantan ^^

      Delete
  3. maaf mau tanya, sy bingung apa curry roux nya halal, memang tdk ada sertifikasi halal, tp dari perusahaanny juga bilang tidak ada bahan daging sama sekali, kalau tdk salah dari S&B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dilihat dari ingredient nya Mbak... Kalau tidak ada mirin, sake, dan bahan2 hewani nya... InsyaAlloh halal...bisa telp ke perusahaannya langsung utk lbh jelasnya :)

      Delete