Monday, April 27, 2015

Tempe Sambal Nanas



Bismillah...
Lagi pengen nanas. Kebetulan ada nanas di toko sayur langganan. Walau nanasnya kecil2, saya beli juga akhirnya. Pulang belanja, nyampe rumah jadi kelaperan, padahal sebelumnya udah sarapan pecel..hehe...sarapan kedua jadinya. Maklum busui :D

Pas kebetulan ada tempe goreng, tiba-tiba pengen nyambel tempe. Di kasih nanas kayaknya seger, langsung dieksekusi deh. Sambelnya pakai sambel terasi tomat mentahan tapi terasinya saya goreng dulu. Dikucuri jeruk limau, dari pohon sendiri. MasyaAlloh...tempe sambel nanas ini mbikin semangat makan, nikmat rasanya....pedes gurih asam manis segeer....nasi sepiring penuh ga terasa langsung ludes...hehe :D







Tempe Sambal Nanas

Bahan-bahan :
200 gr tempe
1 siung bawang putih
1 sdm garam
Air secukupnya
1 bh nanas ukuran kecil, kupas dan cuci di air garam, potong-potong
1 buah jeruk limau atau jeruk sambal, belah dua

Minyak untuk menggoreng tempe

Bahan Sambal :
5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah, iris
1-2 buah tomat, potong-potong
1 sdt terasi, goreng sebentar
1/2 sdt garam atau secukupnya
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :
Haluskan bawang putih bersama garam, tambahkan air secukupnya.
Rendam tempe di air garam tadi, kemudian goreng hingga matang.
Uleg kasar tempe. Sisihkan.
Haluskan semua bahan sambal. Tambahkan air perasan jeruk sambal.
Masukkan tempe dan potongan nanas.
Aduk rata, koreksi rasanya. Tambahkan gula dan garam secukupnya.
Sajikan.



6 comments:

  1. hmmmm...seger kayaknya ya mbak?tp apa gk kecut tuh jeruk limau ditambah nanas?

    ReplyDelete
  2. Iyaa seger Mbak... Jeruk ya saya pakai satu aja. Nanasnya kebetulan manis asam, jadinya seger... Ga kecut banget ^^

    ReplyDelete
  3. Aduh jadi ngeces ummu... enak bgt kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak... Pedes segeer... Yuuk cobain ^^

      Delete
  4. aaaa jadi ngiler, udah kebayang enaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk mbikin Mbak.... Buat variasi menu. Rasanya pedes seger gurih. Jadi kayak rujak nanas tempe...hehe

      Delete