Saturday, December 29, 2012

Brownies Kukus Keju (Gluten Free and No Food Additive)

Bismillah...hari ini suhu di Kumamoto lumayan hangat krn kmrn abis hujan, well, jadi semangat untuk masak2 dan mbikin cemilan ^^
Dalam rangka menghabiskan stok creamcheese di kulkas (karena udah kepake separuh bungkus, separuhnya lagi ga bisa tahan lama, hrs segera dipakai dlm bbrp hari berikutnya), akhirnya mbikin brownies kukus keju. Daann, krn paginya udah pada sarapan okonomiyaki (yg berbahan tepung terigu), maka untuk browniesnya ini sy buat dr tepung yg non gluten, spy tidak memberatkan pencernaan :)

brownies kukus keju



Resepnya, seperti biasa, hasil utak atik aja, hobi banget utak atik resep apalagi yg gluten free....:) berikut ini resepnya :

Brownies Kukus Keju

Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
60 gr tepung beras
20 gr tepung maizena
100 gr creamcheese, potong kecil2
100 ml minyak goreng
25 gr white cooking chocolate (WCC), potong kecil2
1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang


Cara Membuat :
  • Campur tepung beras dan tepung maizena. Ayak.
  • Olesi loyang bundar diameter 18 cm dengan minyak. Panaskan kukusan.
  • Panaskan minyak sebentar, matikan api. Masukkan creamcheese dan WCC, aduk hingga creamcheese dan WCC larut. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan paling tinggi, hingga mengembang dan kental, tidak perlu sampai kaku (lamanya mengocok 5-10 menit).
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yang menggumpal di dasar).
  • Masukkan campuran creamcheese dan WCC, aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30-40 menit atau hingga matang, dengan api sedang cenderung kecil. (*ummi: pakai api kecil, krn api yang terlalu besar akan membuat permukaan atas brownies bergelombang). Pastikan air kukusannya sudah mendidih saat memasukkan loyang dan jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain supaya uap airnya tidak menetes ke browniesnya.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 atau beri topping sesuai selera ^^
Note : creamcheese-nya bisa diganti keju parut, langsung dicampur ke adonan tepungnya.

brownies kukus keju


Alhamdulillah hasilnya enaak bangeet, serasa lumer di mulut, yummi dan lembuut. Jadi mbikin ketagihaaan nih, tapi sayang creamcheese nya mahal :D .....Oya, saat baru matang dan masih dikukusan, browniesnya ini mengembang tinggi, tapi setelah diangkat dan dikeluarkan dari loyang, browniesnya menjadi sedikit kempes, tapi masih terasa sedikit spongy. Ga bantat menurut sy, klo di fotonya keliatan bantat ga ya? Kemungkinan penyebab kempesnya krn pada saat mengukus, pada menit ke 20 dan 25, sempat sy buka2 kukusannya, ....tapi krn kuatir belum matang benar, akhirnya sy tutup lagi dan kukus kembali hingga 30 menit. Buat pelajaran nih, lain kali hrs sabar, ga boleh intip2 cakenya sebelum matang benar ^^
Atau mungkin ada sebab lain ya, entah kenapa jadi sedikit kempes browniesnya...? kayaknya harus sering praktek, mgkn takaran bahan atau pengocokannya ada yg kurang pas, ....practice makes perfect :)
Oya, baru keinget (baca: ada mood :p) untuk moto setelah browkus kejunya tinggal sepotong seperti di foto, jadi bener2 the last piece, ga ada duanya...hehe...krn saking doyannya kali ya, tinggal seiris baru keinget untuk moto ...hehe....:P

Sebenernya kali ini fotonya kurang memuaskan, krn motonya malem2, dan mati gaya :(  tapi biar ga lupa,  resepnya ini tetep sy didokumentasikan di blog ^^

26 comments:

  1. Mbak, klo cream cheese-ny dignti keju cheddar gitu bisa g y? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh bisa Mbak. kejunya diparut aja, ga perlu dicairkan bersama minyak. minyaknya jg ga perlu dipanaskan. Setelah memasukkan tepung dan diaduk rata, kemudian memasukkan keju, aduk rata. selanjutnya masukkan minyak, aduk rata kembali...Dulu sy pernah mbikin browkus keju pake keju cheddar parut jg :)

      Delete
    2. wah, maaf kelupaan Mbak, utk WCC nya bisa dilelehkan dg cara ditim atau dg cara memanaskan minyak sebentar. matikan api, lalu masukkan WCC dan aduk rata :)

      Delete
    3. makasih banget mbak penjelasanny, jd semangat buat nyoba nih :D

      Delete
    4. sama2 Mbak, selamat mencoba ^^

      Delete
  2. mbak nyambung nanya nya, kalo pake keju cheddar trus wcc nya tetep dipake apa ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak WCC nya tetep dipake, spt penjelasan sy diatas. Sebenernya WCC ini sy pakai untuk menggantikan 2 sdm susu kental manis...krn disini susah cari skm, sy ganti WCC :)

      Delete
  3. saya udah coba resep ini hari sabtu yang lalu mom .... wuih uenak mom :)
    makasi ya mom udah sharing resep nya ...
    nanti saya akan posting foto dan resep nya di blog saya ya (dadewira.wordpress.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah nyobain ya Mbak....alhamdulillah klo suka....sy juga suka dan cocok dg resep ini :)
      Nanti insyaAlloh sy singgah di blog Mbak Wira, makasih jg udah nyobain resepnya ya Mbak ^^

      Delete
  4. jauh sebelum mbak citra posting ini, sy jg bikin yg pakai creamchese tapi sy salah nyampur. jadi, creamchesenya sy mikser dgn telurnya, hehehe jadi telurnya gak ngembang2 deeeh...
    tapi biarpun sedikit agak bantat (gak bener2 bantat) memang tetep enak kok mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya udah sering mbikin Mbak, cuman kdg males moto...hehe...pernah jg mbikin cheese sponge cake, creamcheesenya sy mikser setelah penambahan tepung klo ga salah, hasil cake nya jg enak, klo pake creamcheese memang enak ya Mbak....kejunya kerasa banget... :)

      Delete
  5. Assalamu'alaikum wr wb,
    Mbak Citra, barusan coba resepnya sukses, mengembang biarpun pakai keju parut saja dan tanpa WCC. Bener-bener seadanya :) JazzakiAllah khairan ya Mbak

    Tati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      waah...sugooii...alhamdulillah klo berhasil Mbak, seneng ndengernya :)
      iya pake keju parut jg enak ini....wcc nya jg di skip gpp ^^
      wa anty jazakillahi khoiron katsiron ...

      Delete
  6. Ummu mau tanya kl resep ini wcc d ganti skm putih apa minyak perlu dpanaskn n dcampur skm?trus apa maizena bs dganti tapioka?maap soalny saya baru pemula.. Trimakasih ummu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo wcc nya diganti skm, creamcheese nya diganti keju cheddar parut, minyaknya ga perlu dipanaskan Mbak :)

      Maizenanya insyaAlloh bisa diganti tapioka, Mbak.... krn tekstur keduanya hampir sama :)

      Delete
  7. Assalamu'alaikum..saya sdh mencoba resep ini alhamdulillah suami n anak saya suka, tp ad be2rp bhn yang saya ganti telur jumlahny jd 4 krn ukurany kcil2, wcc saya ganti keju parut n cremcheese saya ganti carnation 2 sdm, alhamdulillah ga bantat n enak cuma tekstur agak kasar krn ad parutan kejuny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatulllohi wabarokaatuh....alhamdulillah klo udah nyoba dan suka Mbak....iyaa, brownies ini bisa dimodifikasi sesuai selera/stok bahan yang ada Mbak ^^

      Delete
  8. Ummu kl saya mau pakai terigu apa takarannya jadi terigu 60 gr dan maizena 20 gr?saya sudah coba yang tepung beras nah niatnya m coba yang tepung terigu, pingin tau perbedaan teksturny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau pakai terigu, tepung beras dan maizenanya ganti terigu semua Mbak, jadi terigunya 80 gr, tanpa maizena lagi....saya biasanya gitu :)

      Delete
  9. andai telurnya ga dikocok pake mikser alias pakai kocokan biasa aja bisa kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bisa aja Mbak....krn utk brownies ini, mgnocok telurnya ga perlu sampai kental kaku, cukup sampai mengembang dan memucat....:)

      Delete
  10. tadinya suami suka brownis kukus yg iasa/coklat. pas nyoba bikin yg ini... jadi ketagihan yg ini. makasih share respnya ummi.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak....Alhamdulillah klo suka dan cocok dg resep ini. brownies kukus keju ini juga favorit keluarga saya...teman2 disini jg banyak yang suka, alhamdulillah ^^

      Delete
  11. Asklm, Ummu.. Dua hari yang lalu saya mencoba membuat brownies kukus keju ini. Percobaan pertama saya mengukus dengan api kecil selama 30 mnt. Hasilnya brownies kempis saat didinginkan :(. Percobaan kedua saya mengukus dengan api kecil selama 50 mnt. Alhamdulillah hasilnya bagus :) :) :) Saya lebih suka brownies kukus keju ini daripada brownies kukus coklat yang sudah biasa. Brownies kukus keju ini sangat lembut dan tidak ada perlawanan ketika dimakan(hap hap yum..) Saya menggunakan keju cheddar dan SKM :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Waah....makasiih atas sharingnya Mbaak... Ternyata harus lebih lama ngukusnya supaya kokoh / ga kempes ya... Wah makasiih ya Mbaak *peluuuk ^^

      Delete
  12. Makasiya umm resepx..enak banget..cm yaitu kempes jg pas udh dingin.sy ngukusx 25 menit.pake keju parut tenggelam semua jd browkusx kyk kue lapis gtuuu.xixi..tp ttp enask n maslah jd bagus penampakanx.. Nanti mw dicoba sharex mba greenish pond dikukus 50 menit..

    ReplyDelete