Monday, December 17, 2012

Sop Buntut

sop buntut


Bismillah...
Beberapa hari ini suhu di Kumamoto lumayan hangat, tidak terlalu dingin, suhunya berkisar 10-14 deg C. Jadi sering uplek di dapur deh, weekend kemaren mbikin cake ketan hitam dan brownies kukus, jangan ditanya gimana senengnya anak2...dalam hitungan menit aja udah ludes semua cakenya....ga sampe nyimpen2, ga sempat difoto2 jg :)
Untuk hari ini sy masak sop buntut, padahal selama di sby sy belum pernah masak ataupun kuliner buntut sapi...entah kenapa di kumamoto sini, hasrat mencoba aneka masakan jd tinggi sekali...hehe...:D
Waktu dibeliin suami frozen buntut sapinya, malah mikir klo itu kikil sapi...hihihi...sampe kebayang mbikin lontong kikil segala, well, setelah diamati baik2, ternyata itu buntut sapi :p
Akhirnya kepikiran untuk mbikin sop buntut aja, penasaran banget dg rasanya :)

Sop Buntut
Source : SajianSedap


Bahan-bahan :
700 gram buntut sapi 
3.000 ml air 
200 gram wortel, dipotong bulat/kotak
200 gram kentang, dipotong kotak
(*ummi: tambah 1 buah tomat merah, dipotong kotak2)
3 cm kayumanis 
3 butir cengkeh (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
2 1/2 sendok makan garam atau secukupnya
1 sendok teh gula pasir atau secukupnya
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
2 sendok makan minyak untuk menumis
(*ummi: tambah 1 batang seledri, dipotong2)

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah 
5 siung bawang putih 
1 sendok teh merica butiran (*ummi: 1/2 sdt merica bubuk)

Bahan Pelengkap:
100 gram emping goreng 
2 sendok makan bawang goreng (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
1 buah tomat merah, potong - potong
(*ummi: tambah daun seledri, dirajang halus untuk taburan)

Cara membuat:
Presto buntut sapi dalam air sampai empuk. (*ummi: rebus di panci biasa hingga empuk). Saring dan ukur air kaldunya 2.500 ml. Didihkan lagi. Tambahkan buntut sapi.
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, pala bubuk, kayumanis, dan cengkeh sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan buntut. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
Masukkan wortel, kentang dan tomat. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang dan seledri. Aduk rata.
Sajikan bersama pelengkap.


sop buntut

Surprise banget dengan rasa dan aromanya, baru pertama kali ini masak sup yg menggunakan kayu manis, ternyata sedap dan wangi...beda banget dg sup daging yg biasa sy masak, sayangnya sy ga punya stok cengkeh, jd penasaran sebenernya, gimana rasa dan aroma sup-nya ini bila ditambah cengkeh...hmmm...next time, hrs hunting cengkeh niiih....*disini ada ga ya?!
Daaannn so pasti, buntutnya mbikin tambah semangat makannn!!! ....maksudnya semangat untuk krokot2 :p  
Oya, sop buntut ini bener2 cocok disajikan dengan emping dan potongan tomat segar, alhamdulillah anak2 jg suka...skrg sop buntut ini jadi salah satu menu favorit keluarga, tapiii ga bs sering2 masak ini krn berlemak bgt, kolesterolnya tinggi, hrs dibatasi :)

sop buntut 



6 comments:

  1. dulu mama suka bikin..saya sih jarang...hihi
    kebayang weennnaaaaaakkk....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuuk mbikin Mbak...beneran enaak lho....sampe takjub sendiri....kq bisa beda ya rasanya dg sup2 yg biasa sy bikin ...hehe :D

      Delete
  2. Replies
    1. makasih udah berkunjung Mbak, salam kenal ^^

      Delete
  3. Suka banget sop buntut tapi belum pernah bikin sendiri...he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy br pertama kali ini mbikin Mbak, selama si indo jg blm pernah makan seingat sy. Ibu dulu jg ga pernah masak ini, seringnya masak sup iga sapi....tapi entah kenapa di kumamoto sini malah pengen sop buntut :)

      Delete