Sunday, November 11, 2012

Lodeh Rebung

lodeh rebung

Ini adalah menu beberapa hr yg lalu. Tiba2 kepengen banget mbikin lodeh rebung. Sebenernya rebungnya udah beli bbrp hr sebelumnya, rebung kemasan yg siap pakai (udah direbus, ga ada bau pesingnya sama sekali...hehe :D ). Selama disini, sy blm pernah menjumpai rebung segar. Klo rebung kemasan, banyak banget...org jepang suka sayuran, disini banyak djumpai rebung, terong, jamur, ubi, kentang, talas, lobak, wortel, pare, kubis, kembang kol, brokoli, buncis, sawi, horenso (bayam jepang), selada, taoge, zuchini (timun), okra, dll. Tp ada bbrp sayuran indo jrg sy temui disini, seperti daun kenikir, daun pepaya dan genjer.  Klo kangkung, kacang panjang dan manisa, ada tapi langka.
Oya, untuk resep lodehnya ini sy pakai resep dr ibunda saya, sedari kecil semua masakan Ibu  selalu jd favorit sy :)))

Lodeh Rebung

Bahan-bahan :
300 gr rebung kemasan siap saji, potong bentuk korek api
250 gr udang, kupas bersih150 gr buncis, potong miring/serong
4 buah cabe hijau, iris2 tipis2 menyerong(*ummi: pakai paprika merah)
600ml santan encer
300ml santan kental
(*Ummi: pakai 450 ml susu UHT + 450ml air)
3-5 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan (terkadang sy haluskan bersama bahan bumbu halus)
minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3-5 buah cabe rawit (*ummi: ga pakai)
1,5 cm kencur
 5 butir kemiri
1/2 sdt pala
garam dan  gula secukupnya

Cara Membuat :
Haluskan semua bahan bumbu halus. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus bersama lengkuas dan daun salam hingga harum. Angkat dan sisihkan.
Rebus santan encer di panci. Masukkan udang dan tumisan bumbu halus . Setelah udang berubah warna, masukkan buncis , paprika dan rebung.
Setelah semua bahan sayuran hampir lunak, masukkan santan kental, bila perlu tambahkan gula dan garam secukupnya. Masak sambil sesekali diaduk, didihkan. 
Setelah mendidih segera matikan api (jangan sampai santan pecah) . Biarkan panci terbuka, supaya santan tidak pecah. Sajikan hangat2. 

lodeh rebung


10 comments:

  1. waaaa...dah lama nggak masak lodeh yang dikasih rebung...
    hmm...enyak rasanya krenyes-krenyes...
    tapi rebung kaleng apakah rasanya renyah juga um ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo rebung kemasan disini, masih ada krenyes2nya kq Mbak, ga empuk2 banget....yg jelas, udah ga bau2 lg ...hehe :)))

      Delete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah Mbak....serasa di kampung halaman ^^

      Delete
  3. Replies
    1. hehehe...disini susah cari kelapa segar Mbak....kebetulan santan bubuk kiriman dr indonesia udah abis...belum sempat beli coconut milk. Kebetulan ada susu cair, ya udah pake susu jadinya ^^

      Delete
  4. Rasanya kayak apa ya ummu... santan diganti susu?? Lebih enak mana susu atau santan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...rasanya gimana ya Mbak....hampir sama, tapi lebih gurih pake santan kali ya...
      klo pake susu, kuahnya ga terlalu berlemak/berminyak....tapi biasanya klo mbikin lodeh pakai susu ini, saya mbikinnya porsi kecil aja, jadi ga sampe berhari2/ dipanasin berkali2 :)

      Delete
  5. bu ummu,rebung instan,daun pepaya n genjer dsni bs di beli dmn yabu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo rebung yang siap olah, sudah dikupas, banyak di sunlive Mbak... Atau di toko sayur yang pertama juga sering ada.
      Klo daun pepaya dan genjer disini ga ada :)

      Delete