Wednesday, August 26, 2015

Bakso Ayam Tempe Jamur Tiram





Bismillah....
Menu makan malam beberapa hari yang lalu. Kebetulan abis belanja daging ayam giling, jadi pengen mbikin bakso. Pengennya mbikin bakso pakai campuran tahu. Anak-anak biasanya doyan. Tapi ternyata tahu putihnya udah abis digoreng semua buat tahu petis. Yang lagi available stoknya adalah tempe kukus. Ya udah akhirnya mbikin bakso ayam tempe, saya tambahkan jamur tiram juga di dalamnya. Alhamdulillah lumayan juga hasilnya, ga keras dan ga terlalu bergerindil. Tapi masih kurang empuk dan kenyal menurut saya, perlu dimodif lagi nih, tepung tapiokanya sedikit dikurangi atau ditambah telur mungkin. Kapan-kapan pengen mbikin lagi sampe dapatkan tekstur yang pas ^^

Soal rasanya baksonya, lumayan enak, tempenya kuat terasa padahal takarannya tidak terlalu banyak, jamur tiramnya yang terasa samar-samar, tapi klo dirasa-rasa lagi, jamurnya juga dominan, khas banget rasa dan aromanya. Anak-anak ternyata kurang suka bakso tempe ini, karena tempe dan jamurnya yang lumayan terasa kali ya, kata mereka rasa baksonya kok ga kayak biasanya Ummi? hehe...anak-anak kayaknya lebih suka bakso tahu, tapi walau kurang suka, teteup harus dihabiskan makan malamnya yaa :))))







Bakso Ayam Tempe Jamur Tiram

Bahan-bahan :
170 gr daging ayam giling
50 gt tempe kukus, haluskan hingga lembut
100 gr jamur tiram, ambil bagian kelopaknya, sisihkan batangnya untuk kuah
75 gr tepung tapioka

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1 bh bawang merah
1/4 sdt merica bubuk
garam secukupnya
gula sejumput

Bahan kuah :
2 lt air
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya
2 sdm bawang goreng

Pelengkap :
Soun, seduh dengan air panas hingga lunak, tiriskan
Bawang goreng
selada
kecap dan saus sambal

Cara Membuat :
Panaskan 2 lt  air di panci untuk kuah. Masukkan batang jamur tiram yang sudah dipotong-potong. Sambil menunggu air mendidih, siapkan adonan baksonya.
Haluskan kelopak jamur tiram (dengan cara diuleg halus).
Campur ayam giling, jamur tiram, tempe kukus halus, bersama bumbu halus jadi satu. Aduk rata.
Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Koreksi rasanya. Tambahkan garam dan merica bubuk bila perlu.
Bentuk bulat adonan dengan bantuan sendok, masukkan ke dalam air (kuah) yang mendidih.
Lakukan hingga adonan habis. Masak hingga bakso mengapung dan matang.
Masukkan bawang putih halus, merica bubuk, garam dan gula ke dalam kuah bakso. Didihkan sekali lagi, tambahkan bawang goreng. Koreksi rasanya. Angkat.
Siapkan mangkuk saji. Tata soun dan selada didalam mangkuk, siram dengan bakso dan kuahnya. Taburi bawang goreng, sajikan bersama kecap dan saus sambal ^^


6 comments:

  1. Lapeerr... ^_^
    Terimakasih resepnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk mbikin Mbak... semoga cocok ya ^^

      Delete
  2. aduuuh itu baksonya menggoda sekaliii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakso selalu mbikin ngeceesa ya Mbak....apalagi pas siang2 panas2, makan bakso plus es degan #ngeces beneran :D

      Delete
  3. mantappp....tambah putih telur Um,, biar kenyel-kenyel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih banyak masukkannya Mbak. InsyaAlloh kapan2 saya coba ^^

      Delete