Monday, June 3, 2013

Kare Kepiting



Bismillah....
Kepiting adalah favorit kami sekeluarga, selama di Surabaya sering banget masak kare kepiting ini. Karena kebetulan rumah kami daerah tambak, hampir setiap hari dijumpai nelayan tambak yang menjajakan aneka ikan (bandeng, mujair, dll), udang, kepiting, dsb... bahkan dulu sempat punya penjual langganan, yang sering datang ke rumah menawarkan kepiting :)

Atau kadang2 saya pesan kepada nelayan tambak untuk dibawakan kepiting, udang, dll :)
Kami sekeluarga lebih suka kepiting yang dikare daripada dimasak lainnya, karena klo dikare, kuahnya guriiih bangeet....bener2 berasa kepiting....apalagi klo dapet kepiting telor....hmm...pokoknya anak2 suka sekali dg kare kepiting ini ^^

Biasanya kepiting hidupnya saya bekukan dulu di freezer baru kemudian saya keluarkan utk saya cuci bersih lalu saya masak :) Dulu pernah punya pengalaman buruk dg kepiting, waktu itu baru saja beli kepiting, dibawa ke dapur, utk dicuci (siram sebentar) utk kemudian dimasukkan freezer. Ternyata waktu itu tali pengikat salah satu kepitingnya ada yang krg rapat, waktu saya pegang tiba2 ibu jari tangan saya dicapit....MasyaAlloh....sakit sekali sampai refleks teriak sekencang2nya. Dan akibat capitan kepiting itu, kuku ibu jari tangan saya robek ditengah2 (tertusuk agak dalam), sampe beberapa hari terasa perih dan berbekas hingga beberapa bulan. Sejak saat itu saya jadi lebih berhati2 klo memegang kepiting... :)

Oya, sedikit tips, supaya bisa mendapatkan kepiting yang gemuk atau berisi alias banyak dagingnya....biasanya saat membeli saya pegang bagian bawah perutnya yang beruas2 berwarna keputihan, klo atos berarti kepitingnya gemuk, klo empuk berarti kepitingnya kurus/ga ada dagingnya....hati2 ya saat memegang perut kepiting ini, jangan sampai kecapit :)
Kadang2 ada penjual yang ga mengijinkan kita memegang perut kepitingnya, karena kuatir kita tidak jadi membeli :)

Oya, ini adalah pertama kalinya saya membeli kepiting jepang, yang ini adalah kepiting laut....jarang2 membeli kepiting disini karena harganya lumayan mahal, satu ekornya (ukuran kecil) bisa 30ribu...hmm 1 ekor kepiting bisa untuk membeli 20 butir telur ayam :)





Kare Kepiting

Bahan - bahan :
6 ekor kepiting
4 lembar daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
2 liter santan cair
minyak untuk menumis

Bumbu halus:
15 butir bawang merah (*ummi: pakai 2 buah bawang bombay)
8 siung bawang putih
3 buah  paprika merah kecil atau 5 buah cabe merah, buang bijinya
7 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar bubuk
3 cm kunyit atau 1 sdm kunyit bubuk
3 cm lengkuas 
2 cm jahe 
1/4 sdt jintan (bila kurang suka, bisa diskip)
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:
  • Bekukan kepiting yang masih hidup ke dalam freezer. Setelah beku, keluarkan dan cuci bersih bagian tubuhnya yang kotor, bila perlu sikat dengan dengan sikat gigi bersih (khusus untuk mencuci kepiting). Bila suka, belah 2 kepiting sebelum dimasak. Tapi saya lebih suka dimasak utuh.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai sampai harum.
  • Masukkan kepiting, aduk-aduk sampai kepiting berubah warna.
  • Tambahkan santan cair lalu masak kembali sampai kuah mengental. Koreksi rasanya, bila perlu tambahkan garam dan gula secukupnya.
  • Angkat dan sajikan ^^




Berhubung udah lama ga makan kare kepiting, rasanya nikmat banget. Alhamdulillah. Kepitingnya ini lumayan berisi, tapi sayang kurang gurih ga seperti kepiting Indonesia, kuah karenya juga jadi kurang gurih, apalagi krn kepitingnya ini ga saya belah, tapi saya masak utuh2. Tapi alhamdulillah anak2 tetep doyan, mereka suka sekali :))))


14 comments:

  1. jangankan yang masih hidup, kepiting di atas pinggan aja aku takut lho um. Alhasil sampai sekarang nggak pernah masak kepiting, hahahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, masa sih Mbak....belum pernah masak kepiting? ini kesukaan saya sekeluarga, walau saya udah pernah dicapit tapi ga mbikin trauma utk masak ini lagi :)

      Delete
    2. jaman SMA dulu alm bapak pernah beli kepiting hidup. Kemudian dimasak sendiri oleh beliau karena ibu juga takut sama kepiting. Setelah matang aku cuma makan sedikit, karena mbayangin capitnya waktu masih hidup. Serem, hihi....Seumur-umur baru sekali di rumah ortu masak kepiting. Apalagi kami bukan penggemar seafood jadi nggak kepikir masak kepiting lagi...

      Delete
    3. O gitu ya Mbak....klo saya sejak kecil suka seafood, krn waktu kecil tinggal di Situbondo, kota pantai. Kemudian pindah ke Bondowoso, dekat Situbondo, jadi seafood makanan sehari2 :)))

      Delete
  2. wah lumayan ini bisa buat masukan, seringnya di saus padang :D bosenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari silahkan dicoba Mbak...saya malah belum pernah masak kepiting saus padang krn anak2 lebih suka dikare gini ^^

      Delete
  3. seumur2 blm pernah mkn kepiting pdhl dulu mama sering bikin....gak kuaaatttt:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran belum pernah Mbak? padahal weenak lhoo....guriih, dagingnya lembut....tapi agak ribet makannya, sebandinglah dg kenikmatannya ^^

      Delete
    2. gak tahan baunya um hehe...serius..

      Delete
    3. wah, saya sekeluarga malah suka baunya Mbak...gurih...:)

      Delete
  4. kluarga saya jg hobi makan kepiting umm, kebetulan jepara itu daerah pantai, kepiting bertelur gampang di cari. mau kepiting kapan aja ada, yang jual siap santap jg banyak di pinggir2 jalan. kepiting jepun koq mirip rajungan ya umm... kakinya panjang2... kayanya emang lebih mantab kepinting indo badannya gemuk2... hehehe... tipsnya sama seperti ibu, di tekan perutnya bagian bawah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss...samaa Mbak, sejak kecil saya suka kepiting...klo suami, di keluarganya jarang (belum pernah mgkn masak kepiting), tapi suami akhirnya suka, malah doyaan banget sekarang...anak2 jg ikutan suka ^^
      Iya Mbak, kepitingnya kakinya panjang2...tapi ada dagingnya juga lho dalemnya...capitnya malah kecil....beneran lebih gurih kepiting indo :)
      Wah, tips nya sama ya Mbak...memang udah terbukti berkali2 ni....dulunya saya ga ngerti, akhirnya setelah tau, jadi ga pernah lagi salah beli kepiting yg kurus2 :)))

      Delete
  5. salam kenal bunda Ummu Fatima,,,
    waaaa,,,menu kepiting,,,,saya sangat suka,mau di olah apapun pasti habis sampe kaki-kakinya,(isiannya aja,ga termasuk cangkang kulit) he,he,jika tidak keberatan mampir ya bunda,d blog saya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg Mbak...maaf baru sempat balas....waah...sama donk Mbak, saya sekeluarga jg suka kepiting, dagingnya lembut dan gurih...saya, suami dan anak2 jg biasanya makan sampe daging di kaki2 dan capitnya ^^
      sy udah mampir di blognya Mbak...seneng banget bisa nambah kenalan sesama foodblogger, jadi tambah semangat masak2 ^^

      Delete