Monday, May 27, 2013

Cake Bayam Jepang (Horenso)


Bismillah.....
Cuaca di Kumamoto minggu2 belakangan ini udah mulai panas....musim semi berasa udah musim panas aja...klo siang suhunya mencapai 31 deg C, geraah rasanya....orang2 jepang ga tahan panas biasanya, di pasar atau dijalan2, orang2 pada bertopi musim panas dan berpayung, malah ada yang lehernya dikalungin handuk basah (yang netes2 airnya) .... :)
Tapi yang menyenangkan adalah banyak aneka sayur dan buah musim panas yang mulai bermunculan, seperti jagung, buncis, kacang polong, edamame (kedelai jepang), semangka, dan sayuran2 lainnya yang biasanya jumlahnya terbatas, skrg jadi melimpah, seperti terong, timun (zucchini), bayam (horenso), sawi, dll....

Beberapa waktu yang lalu, belanja ke pasar banyak sayur murah, salah satunya horenso ini...yang biasanya seikat 8rb-10rb, waktu itu 10 rb dapet 3 ikat...langsung beli deh, bersama sawi waktu itu jg sama 10rb dapet 3 ikat, timun, jagung, dll...karena pasarnya lumayan jauh dr rumah, jadinya saya klo belanja ga tiap hari...seminggu 2-3 kali, sekalinya belanja lgsg banyak, nyetok di kulkas ^^

Bayamnya langsung saya masak sayur bening (feat dg jagung), omlet bayam dan cake bayam ini ^^




Cake Bayam Jepang (Horenso)

Bahan :
150 gr daun bayam jepang (horenso), yang sudah dipotong2, dan dicuci bersih (tanpa tangkainya)
90 ml minyak sayur (*ummi: pakai canola oil)
120 gr tepung terigu, ayak
4 btr telur ayam
85 gr gula pasir (bila ingin lebih manis, tambahkan menjadi 100gr atau sesuai selera)

Cara membuat:
- Panaskan oven (*ummi: pakai microwave oven, suhu 160 deg C)
- Blender daun bayam bersama minyak sayur hingga halus / lembut
- Kocok telur dan gula pasir dgn kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat (kira2 lamanya mengocok 5-10 menit).
- Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan tepung, aduk perlahan, setelah rata masukkan campuran bayam dan minyak, aduk kembali hingga merata. (note: jangan terlalu lama mengaduk)
- Tuang adonan kedalam loyang persegi 18cm yang telah diolesi minyak/margarin.  Panggang hingga matang. (*ummi: pakai microwave suhu 160 deg C selama 20 menit, dilanjutkan 140 deg C selama 20 menit atau hingga matang).




Adonan cake-nya encer, tadinya sempet kuatir cakenya bakalan ga matang dalamnya, karena terus terang ini baru pertama kalinya mbikin cake bayam, resepnya seperti biasa pakai resep banana cake yang no food additives. Ternyata cakenya ini bisa mengembang bagus, ga bantat, dan lama ngovennya jg standar seperti biasa. Tekstur cakenya lembut...mirip2 sponge cake. Bayamnya sengaja ga saya kukus dulu, supaya lebih fresh, ga bolak balik dimasak. Pas dicobain cakenya...enak juga ternyata, aroma bayamnya terasa. Buat yg ga suka, mungkin berasa langu, wangi2 daun bayam gitu, tapi ga terlalu kok.... dan alhamdulillah anak2 doyan banget, mereka bahkan ga tau klo cakenya ini ada bayamnya. Aroma bayamnya ga terlalu masalah buat mereka, dan cakenya ini langsung ludes dalam sekejap, alhamdulillah ^^



11 comments:

  1. masyaAlloh... menulmenul dan ijonyamenggoda umm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijonya seger ya Mbak....karena saya pakai bayam segar ^^

      Delete
  2. warna ijonya beda ya jika dibandingkan pake daun pandan+suji. Kalo pake bayam warnanya jadi lebih gelap ya um ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah mbikin cake yang pakai daun pandan + suji, Mbak...ini ijonya lebih gelap mgkn karena takaran bayamnya lumayan banyak :)

      Delete
  3. cantik bangeeet warnanya..ijo-ijoo gimanaaaa gituh..
    saya maju mundur nih mau bikin cake bayam, soalnya konon katanya cake bayam harus habis dalam sehari, masalahnya yg makan cuma sendiri..:( jadi sepertinya harus ngumpulin pasukan dulu nih baru bisa bikin...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijo segeer Mbak....bayemnya lumayan banyak...hampir satu ikat...satu ikatnya disini banyak lho...
      kebetulan ini cakenya langsung habis dalam bbrp jam Mbak...anak2 suka klo cake nya warnanya ga biasa gini...hehe :)

      Delete
    2. Bener, ijonya cantik bgt ya...tapi kalo anakku pasti bisa menebak kalo ini ada bayamnya :(

      Delete
  4. Assalamu'alaikum warahmatullah ummu faruq.. apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan allah.. aamiin..
    Wah cake bayam.. masuk list wajib coba nih ummu.. karena aku selalu suka dengan sayuran dalam sebuah cake kayaknya gimana gituu.. apa lagi ini kayaknya moist jadi tambah pengen hehe..
    Seneng sama ummu karena kayaknya ngejaga banget asupan makanan anak-anaknya.. haha dan aku ngerasa kenal juga sama anak anak ummu mungkin karena udah tamatin blognya ummu hehe.. salam ya buat anak-anaknya yang lucuuuu lucu.. wassalamu'alaikum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....alhamdulillah kami sekeluarga baik, Mbak....yuuk dicobain Mbak...anak2 doyan, kemaren mbikin carrot cake yg gluten free mrk jg doyan banget....:)
      Makasih banyak udah menjadi pengunjung setia blog saya Mbak....blog yg sederhana, dg menu2 yg simple...selalu berusaha memberikan sajian yang sehat dan enak buat keluarga tercinta ^^
      Salam hangat kembali dari anak2 :)

      Delete
  5. assalamu alaikum mba ummu fatima, salam kenal, saya sudah nyobain cakenya dan enak banget, dan lembut. dan gag ada aroma langu dari bayam.
    izin naruh resepnya di blog saya ya mba. terima kasih.

    http://rina-rosyidah-kitchen.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....alhamdulillah kalo suka Mbak....memang enak ...menurut saya jg ga langu banget....bahkan anak-anak saya suka ^^
      Silahkan Mbak....nanti saya jalan2 ke blog Mbak, insyaAlloh ^^

      Delete