Saturday, April 6, 2013

Cake Talas Zebra (No Food Additives)


cake talas zebra no food additives


Bismillah...
Beberapa waktu yang lalu mbikin cake kukus talas zebra, krn adonan terlalu encer (hasil utak atik resep), dalemnya malah jadi marble, adonan coklat dan kuningnya nyampur, ga jadi motif zebra deh....hehe. Kali ini nyoba mbikin cake talas zebra lagi, tapi yang versi oven, pakai resep banana cake (no food additive) lagi, bener2 suka dg resep ini, pisangnya bisa diganti umbi2an yang dikukus, kentang, talas, labu kuning atau ubi.... :)
Dan karena adonannya memang sedikit kental, prediksi saya, resepnya ini bisa dipakai utk mbikin cake zebra, dan ternyata benar, alhamdulillah motif zebranya muncul, walau masih belum rapi :)



cake talas zebra no food additives


Cake Talas Zebra

Bahan :
160 gr talas, kukus, kupas dan haluskan selagi hangat
90 ml minyak sayur (*ummi: pakai canola oil)
120 gr tepung terigu, ayak
4 btr telur ayam
100 gr gula pasir (bila ingin lebih manis, bisa ditambah)
1 sdm coklat bubuk

Cara membuat:
- Panaskan oven (*ummi: pakai microwave oven, suhu 160 deg C)
Kocok telur dan gula pasir dgn kecepatan tinggi hingga adonan mengembang.
- Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan tepung, aduk perlahan, setelah rata masukkan minyak, aduk kembali hingga merata.
- Masukkan talas, aduk hingga rata. Matikan mikser.
Ambil 1/3 bagian adonan. Tambahkan coklat bubuk. Aduk rata.

- Tuang adonan kuning dan cokelat bergantian di loyang bulat diameter 18 cm yang sudah dioles minyak/margarin. (Tuang 2 sendok sayur adonan putih di tengah loyang, tuang 1 sendok sayur adonan coklat ditempat yang sama. Lakukan hal yang sama sampai kedua adonan habis).
- Panggang hingga matang. (*ummi: pakai microwave suhu 160 deg C selama 20 menit, dilanjutkan 140 deg C selama 15-20 menit atau hingga matang).



cake talas zebra no food additives


Alhamdulillah, cakenya ini enak, lembut....anak2 doyaan bangeet...sampe ga bisa moto cake nya utuh, krn sudah keburu dipotong, diminta anak2 :D
Seperti terlihat di foto, masih terlihat bongkahan kecil talasnya merata pada seluruh bagian cakenya, 
krn mgkn sy menghaluskan talasnya kurang lembut, tapi jadi lebih terasa talasnya...dan dalam sekejap langsung ludes :) 


13 comments:

  1. huum..cantik um. kayaknya sedaaap...
    eh kemarin aku nyobain cake kentangnya um..huaa sedap, pas besoknya terus dipotong tipis2 ters dipanggang lagi...duh enaknyaa...sayang belum bisa tayang nih cake nya...^^
    maacih ya um:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak...iya enaak ini, anak2 jg sukaa ^^
      wah, nyobain cake kentangnya ya Mbak...anak2 disini doyan banget, wah...klo disini cake gituan ga pernah sampe nginep, langsung ludes :D
      ditunggu tayangnya cake kentangnya ya Mbak ^^

      Delete
  2. Hi, I'm Ana from Fooduel.com. It is a site in which users vote recipes
    from 1 to 10.

    There is a ranking of the best recipes and a profile with your voted recipes. Each recipe has a link to the blog which belongs the recipe. This way you will get traffic to your blog.

    It's easy, fast and fun. The best Photo recipes will be here.

    I invite you to enter, add your blog and upload a recipe with a nice photo.

    You are able to see your stats:

    -Number of visits to your blog from Fooduel.com.
    -Number of votes received every day
    -Number of votes received by each category
    -Number of votes for each grade (1-10)
    -Number of votes for each recipe.

    Look this example of one profile stats: http://fooduel.com/stats1.png

    We would love that you participate with some recipe. Looks Amazing!

    Regards

    http://www.Fooduel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Ana. Thank you for the information, I'll try to participate at fooduel, as soon as possible :)

      Delete
  3. seumur umur belum pernah bikin cake pake talas. Giliran pingin, talas sekarang lagi langka, hiks...
    Liat pic diatas cuma bisa ngeces doang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...selama di indonesia sy jg jarang banget makan talas, hampir ga pernah kayaknya.....mgkn di Malang yg banyak ya...

      Delete
  4. Umm.... Kalo di indonesia kadang ada talas yg bikin gatal di lidah, nah, d japan gmn tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini ga pernah nemuin talas yang gatal, Mbak....klo di indonesia, talas yg gatal itu yg kayak gimana ya Mbak?

      Delete
  5. cantik umm.... jadi pingin bikin... eeehhh tp belom pede... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbikin yuk Mbak.....super gampang Mbak...klo yg sulit2 mah sy jg pasti ga bisa :D

      Delete
  6. Assalamualaikum ummi, salam kenal..saya mau tanya, apa cake ini bisa dibuat dengan cara dikukus?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      salam kenal jg Mbak ^^

      Utk cake ini, saya belum pernah membuat versi kukusnya Mbak, jd krg tau gimana hasilnya. Tapi ada resep cake kukus talas zebra yang satunya Mbak, mgkn bisa dicoba :)
      http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.jp/2013/03/cake-kukus-talas-zebra-gluten-free-no.html

      Delete