Sunday, April 14, 2013

Ayam Kecap Bumbu Pedas



Bismillah ...
Menu sederhana dan gampang mbikinnya, ayam kecap bumbu pedas....cocok disajikan dengan sayur sop, urap, pecel, acar atau menu pelengkap lainnya.  Beberapa hari ini krg enak badan, flu yang tidak kunjung sembuh, karena memang saya ga mengkonsumsi obat2an kimia, hanya minum habbatussauda. Karena saya pikir sudah sembuh, habbatussaudanya sempat saya stop, ternyata flunya kambuh lagi, gejalanya macem2, meriang, tenggorokan sakit, suara serak/bindeng, batuk, pilek, gatal di tenggorokan jg....sempet khawatir jangan2 terkena influenza tipe B (setara dg avian influenza/flu burung klo di indonesia), tapi tampaknya bukan. Seminggu kemaren cuaca di Kumamoto memang dingin lagi, klo pagi suhunya 4 deg C...siang 9-11 deg C. Lumayan dingin, padahal sudah memasuki musim semi ini. Jadi mgkn krn dingin ini, saya jd terserang flu, sdh hampir semingguan. Padahal kemaren, sy pikir udah sehat,  sempet belanja2, tapi malemnya drop lagi, dan pagi ini rasanya meriang. Walau ga enak badan gini, dapur tetep harus ngebul, jadinya masak yang gampang2....yaitu ayam kecap bumbu pedas ini plus pecel dan buat anak2 ayam goreng crispy dan sup jamur.




Ayam Kecap Bumbu Pedas

Bahan-bahan :
1 kg daging ayam boneless, potong2, rebus hingga matang 
400 ml air kaldu/ rebusan ayam
5 sdm kecap manis atau sesuai selera
1/2 sdt merica bubuk 
garam dan gula secukupnya
1 batang bawang daun/bawang pre, iris tipis (bisa pakai daun bawang)
minyak goreng untuk menumis 

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
5 buah cabai rawit 
2 cm jahe 
5 butir kemiri, disangrai

Cara Membuat :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
Masukkan ayam dan air kaldu. Tambahkan kecap manis,  merica bubuk, gula dan garam. Aduk sampai kuah mengental dan bumbu meresap.
Sebelum diangkat, masukkan bawang daun. Aduk sebentar. Cicipi rasanya, bila perlu tambahkan gula dan garam secukupnya.
Angkat dan sajikan ^^






7 comments:

  1. kebayang segernya umm.... manis pedes, suka banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, suami doyan banget yang pedes2 manis gini, lebih enak lagi klo di bakar/panggang :) cuman ini lg males mau bakar2, gini aja udah lariiis :D

      Delete
  2. ini salah satu lauk andalan kalo mati gaya. Dijamin orang rumah pada doyan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Mbak...ga pake lama dan ga pake ribet :))))

      Delete
  3. terima kasih gan atas resep masakannya, sangat membantu dan juga sangat bermanfaat.salam kenal ya.

    ReplyDelete
  4. Mbak, nanya boleh ya :)
    Aku kl tumis bumbu yg ada kemiri nya kenapa sering nempel di kuali ya mbak? Apa minyaknya kedikitan? Aku pake minyak emang dikit mbak, spy masakannya ga tertalu berminyak. Mohon pencerahannya ya mbak. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...saya kurang tau juga, mungkin minyaknya terlalu sedikit Mbak...kalau saya biasanya mbikin bumbu2 halus yang pakai kemiri, saya blender semua, saya tambah air sedikit biar ga susah mblndernya, lalu saya tumis :)

      Delete