Sunday, January 13, 2013

Tahu Campur Lamongan

tahu campur lamongan

Bismillah...
Segala puji hanya bagi Alloh Rabb semesta alam. Bagaimana kabar rekan2 semuanya? Semoga Dirahmati Alloh selalu. aamiin....Alhamdulillah, hari ini walau cuaca di kumamoto cukup dingin, masih punya semangat nih untuk masak memasak, hehe...klo ga masak mau makan apa dong, secara disini cari makanan siap saji yang halal agak susah :p
Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu ada teman yang berbaik hati, yaitu Mbak Sylphie, rela berbagi petis dengan sy, petis disini barang berharga banget, sudah pasti bawa dari indo, makasiiih ya Mbak Sylphie, terharu banget, ga nyangka bisa dapat petis lagi...setelah sekian lama, sejak petis sy kiriman dr Ibunda sy habis. 
Daann...udah lama banget, punya niat klo suatu saat dapat petis lagi, bakal mbikin tahu campur, dan akhirnya pagi tadi kesampaian juga mbikin ^^
Tahu campur ini sebenernya yang kedua kalinya sy buat, sebelumnya sy buat dengan resep yang sama, tapi sambelnya pake sambel kecap pedes, krn ga punya petis.
Kali ini pakai sambel petis beneran, Alhamdulillah ^^


tahu campur lamongan

Resepnya dr sajian sedap, tapi yang saya buat tanpa perkedel singkong krn dikumamoto sini tidak pernah sy jumpai singkong :) Tapi di resepnya tetep sy tuliskan bahan dan cara membuat perkedel singkongnya, siapa tahu ada temen2 yang ingin mencoba...berikut ini resepnya :

Tahu Campur Lamongan
Source : SajianSedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan Perkedel Singkong:
300 gram singkong parut 
1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh jintan 
3 butir bawang merah, dihaluskan
2 siung bawang putih, dihaluskan

Bahan:
250 gram daging sandung lamur (*ummi : pakai 250gr buntut sapi dan 150 gr daging sapi fillet)
2 liter air 
2 batang serai, dimemarkan 
2 cm jahe, dimemarkan
5 sendok teh garam atau secukupnya
2 3/4 sendok teh gula pasir atau secukupnya

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih 
1 1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica 
3 cm kunyit 
1/4 sendok teh jintan (*ummi : ga pakai)
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Sambal:
50 ml kaldu sapi 
4 buah cabai rawit, dikukus
3 sendok makan petis 
2 siung bawang putih 
1 1/4 sendok teh gula pasir 
1/4 sendok teh garam 

Bahan Pelengkap:
5 buah tahu kuning goreng setengah matang (*ummi: tahu putih goreng)
250 gram mi kuning, rebus hingga matang (*ummi: pakai spagetti)
100 gram taoge, diseduh
1 bonggol daun selada
kerupuk udang

Cara Pengolahan :
Perkedel singkong: aduk bahan perkedel singkong. Bentuk lonjong (untuk 10 buah), goreng sampai matang. Potong-potong.
Rebus daging, serai, dan jahe sampai daging lunak. Angkat daging, potong-potong persegi 1 cm.
Ambil kaldu 50 ml untuk sambal. Haluskan cabai merah, petis, bawang putih, gula pasir, dan garam. Tambahkan kaldu. Aduk rata.
Rebus sisa kaldu.
Tumis bumbu halus sampai harum. Tuang ke rebusan kaldu. Tambahkan daging, gula, dan garam. Rebus sampai bumbu meresap.
Tata tahu, mi, taoge, selada, dan daging. Tuang kuah panas dan tambahkan perkedel singkong.


tahu campur lamongan


Alhamdulillah, dimakan hangat2 saat mendung dan winter begi, seger banget rasanya...menu yang special banget ini, krn petisnya impor dan limited edition :)
Jadi ingat sewaktu kecil, sering dibelikan Ibu, di penjual tahu campur keliling yang biasa lewat depan rumah, di Bondowoso...alhamdulillah skrg bs mbikin sendiri ^^
Sebagai alternatif, bila tidak ada petis, sambel kecap pedas pun bisa dicoba utk tahu campur ini, walau tentu rasanya beda dg tahu campur dengan sambel petis asli, petisnya pun macam2 ya, sedapnya tahu campur ini bergantung pd sedapnya petisnya ^^


tahu campur lamongan

13 comments:

  1. sejujurnya sy blm pernah nyoba yg namanya petis... rasanya manis asem apa gmn sih?
    di bdg sini petis gak ngetren, adanya sambel terasi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. petis ada 2 macam Mbak, petis udang dan petis ikan...rasanya manis asin gurihnya kuat (nggigit) banget, hadeuuh bahasanya...hmm...gimana ya...susah ngejelasinnya :D beda sama terasi :)
      gorengan seperti tahu, tahu isi, bakwan sayur, jg cocok dicocol sama petis yang diulet sama irisan cabe rawit :)

      Delete
    2. kl gt lain kali kl ada yg jual, sy pilih yg udang aja deh hehehe

      Delete
  2. beberapa waktu lalu pertama kali aku beli petis Um, udah dibikin tahu telur & tahu gunting, berikutnya tahu campur ini ah... berarti cocok ya tahu dengan petis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah....enaaknya, bisa borong petis...hehe....iyaa Mbak, tahu di goreng dicocol sama petis aja udah enak ^^
      di sby, sy pernah hunting petis, nyobain petis2 dipasar, cari yg paling enak :)

      Delete
  3. wahhhh....saia paling suka mie2an umm....^_^
    tp di dumai belum pernah nemu bumbu petis nih umm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, di dumai jarang ada petis ya Mbak....klo di jawa timur banyaak...macem2nya jg banyak...:)

      Delete
  4. waaaaah boleh nih resepnya,kebetulan masih ada stock petis banyak di rumah hehee,Insya Allah mau coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh senangnya petis disana mudah didapat, bisa mbikin macam2, rujak cingur, tahu tek, dll... yuuk dicoba tahu campurnya Mbak ^^

      Delete
  5. Replies
    1. salam kenal Mbak ^^
      sy juga suka dg tahu dan tempe, di sby biasanya tiada hari tanpa tahu dan tempe...hehe ..di kumamoto sini tempe mahal dan hanya dijual di satu toko...jadinya lebih sering masak tahu ^^

      Delete
  6. Iya di Medan petis ini juga kurang populer (sepertinya..hehe)
    Adanya jg d supermarket kalo d pasar tradisional gak pernah liat (orang sumatera utara nyebut pasar dgn sebutan "pajak" haha :D)
    Rasanya petis itu kaya bumbu rujak ya umm?
    #ngasal
    warnanya item gitu. Mirip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. o gitu ya Mbak, di Medan jg petis susah didapat ya....
      Iya Mbak...rujak cingur memang pakai petis Mbak...pakai petis merah dan hitam...takarannya banyakan petis hitamnya, makanya rujak cingur bumbunya warnanya hitam :)
      haduuh jd kangen rujak cingur nih :(

      Delete