Friday, December 11, 2015

Dragon Fruit Ice Cream ( Es Krim Buah Naga Merah)

Bismillah....
Mbikin es krim lagii...iyaaa....karena es krim coklatnya nyaris ludes dalam sekejap, akhirnya semalam saya mbikin es krim buah naga, mumpung ada stok buah naga. Padahal es krim coklatnya ada 20 cup, mbikin siang, menjelang malam udah tinggal 4 cup :D Resepnya mirip resep es krim coklat sebelumnya, karena memang itu resep dasar yang biasa saya pakai. Dan karena buah naga gampang dihaluskan, kali ini buah naganya tidak saya blender, melainkan dihaluskan dengan sendok atau garpu atau di remas-remas dengan tangan aja, ....benernya sih alasan utamanya karena males ngeluarin blender, males cuci2nya juga, jadi saya pilih praktisnya ajaa hehe :D 







Walau resepnya simple tapi hasil es krimya lembuut menurut saya, manisnya juga pas.....miriip es krim yang kemasan merek terkenal itu. Tentu es krim homemade lebih sehat yaa...karena tanpa bahan pengawet atau pengembang dan manisnya pakai gula asli, bisa disesuaikan manisnya sesuai selera kita. Kalau ingin es krimnya lebih seger ada asam atau kecutnya, bisa tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis pada adonan jus nya. Seperti kalau mbikin selai buah naga, ga afdol kalau ga ada kecutnya hehe...kalau es krim yang saya buat kali ini tanpa air perasan jeruk nipis karena lagi ga ada stok. Rasa buah naganya kurang khas karena memang buang naga hampir tidak beraroma ya, tapi rasa es krimnya enaak, anak2 sukaa sekali alhamdulillah. Berikut ini detail resepnya yaa : 





Es Krim Buah Naga

Bahan-bahan :
200 gr whipped cream bubuk
500 ml jus/pure buah naga dingin

Bahan jus/pure buah naga :
240 gr daging buah naga dingin
50 gr gula pasir (bisa dikurangi, sesuai selera)
air dingin secukupnya hingga volume jus/pure buah naga mencapai 500 ml

Cara membuat :
Dalam wadah, haluskan buah naga dengan sendok atau garpu.
Pindahkan buah naga yang sudah dihaluskan ke dalam gelas ukur, tambahkan gula dan air dingin secukupnya hingga volumenya mencapai 500 ml. Aduk rata. (Atau semua bahan jus diblender hingga lembut)
Dalam wadah lain, kocok whipped cream bubuk bersama jus / pure buah naga dingin, dengan mikser kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan mengental. Lamanya mengocok kira-kira 3-5 menit. Adonan tidak bisa kaku, cukup sampai mengental saja.
Tuang adonan di cetakan es krim atau cup-cup es krim.
Bekukan di freezer (kurang lebih 3-4 jam atau hingga membeku).
Sajikan ^^

Update :
Belakangan ini saya mbikin lagi, takaran air nya saya tambah hingga jus nya menjadi 600-800ml. Alhamdulillah hasilnya tetap enak dan lumayan lembut. Pernah juga kelupaan tidak menambah gula, dan ternyata hasilnya lumayan manis.

6 comments:

  1. Sy jadi ngiler um dgn es creamx, kmrn mau buat tp buah nagax sdh amblas duluan ^_^. Kalau es cream dr lemon bisa pake resep ini g um? Sukron..

    ReplyDelete
  2. Sy jadi ngiler um dgn es creamx, kmrn mau buat tp buah nagax sdh amblas duluan ^_^. Kalau es cream dr lemon bisa pake resep ini g um? Sukron..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru sempat membalas, kalau pakai lemon juga bisa Mbak...air lemonnya 500ml (kondisi dingin). Bisa juga ditambahkan pd adonannya, parutan kulit lemonnya jika suka ^^

      Delete
  3. Ummy,kalo dikasih susu kental manis,bisa ga ya ummy? Lebih enakan ato gmn rasanya kalo ditambahin dgn skm ummy? Terima kasih sebelumnya ummy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru sempat membalas komennya Mbak. Pakai susu kental manis juga bisa Mbak...lebih gurih mungkin ya. Tapi jangan sampai kemanisan. Yang diresep ini agaknya kemanisan karena whipping creamnya sendiri ternyata sudah mengandung gula.

      Delete
  4. Mba..wadahnya beli dimana? Naksir...belum pernah lihat disini. Kemarin pas ke Kapabashi juga ga ada.Info yaaa, nuhun.

    ReplyDelete