Thursday, August 20, 2015

Tumis Kangkung Udang Tahu




Bismillah....
Menu keluarga kami malam ini adalah tumis kangkung udang tahu. Yap, masak yang simple dan kilat aja. Kebetulan udangnya udah saya kupas bersih siang tadi, tapi belum sempat dimasak karena harus beberes rumah dulu. Baru dimasak abis maghrib, buat menu makan malam. Tinggal goreng tahunya, disambi motongin kangkung, berikutnya nyiapin bumbu tumisannya. Masaknya serba cepet, yang penting semua bahan masuk, nutrisinya lengkap insyaAlloh. Ibu-ibu dan teman-teman dirumah saya yakin juga pasti berusaha menyediakan menu terbaik buat keluarga. Dimasak penuh cinta, insyaAlloh hasilnya nikmat dan disukai keluarga :))))

Segala tumisan yang memakai bahan udang atau ayam, hasilnya selalu guriiih...udah ga perlu tambahan MSG atau penyedap apapun. Dibumbu duo bawang aja udah gurih hasilnya. Kalau tumisan kangkung gini, saya suka yang kangkungnya dimasak sebentar aja, asal layu dan tidak terlalu lunak, masih kres kres gitu, warna hijaunya pun tidak banyak berubah. InsyaAlloh gizinya lebih tinggi. 

Tiba-tiba keingat kangkung di Kumamoto, Jepang. Disana, kangkung hanya ada saat musim panas dan tidak semua supermarket menjual kangkung. Di pasar tradisional, yang jual kangkung hanya 1-2 pedagang aja. Satu ikat kangkung harganya berkisar 80-98 yen, atau 9-11 rb rupiah. Terkadang harganya mencapai 156yen. Sekalinya nemu kangkung di pasar atau supa, biasanya langsung mborong dan calling temen2, barangkali ada yang nitip...hehe, maklum barang langka :)





Tumis Kangkung Udang Tahu

Bahan-bahan :
1 ikat kangkung, siangi/potong-potong
200 gr udang, cuci dan kupas bersih
300 gr tahu, potong dadu dan goreng
100 ml air atau secukupnya
1 sdm kecap manis atau sesuai selera

minyak untuk menumis

Bumbu :
4 siung bawang putih, iris tipis
4 bh bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan sedikit minyak di wajan.
Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas hingga harum.
Masukkan udang, aduk-aduk hingga udang berubah warna.
Tambahkan air, masak hingga mendidih. Masukkan kangkung, tambahkan merica bubuk, jahe bubuk,  kecap manis, gula dan garam secukupnya.
Aduk-aduk hingga bumbu merata, didihkan sekali lagi.
Setelah kangkung layu, masukkan tahu. Aduk rata.
Koreksi rasanya, tambahkan gula dan garam seperlunya.
Matikan api dan sajikan segera.

Note :
Jika ingin pedas, tambahkan cabe rawit dan cabe merah sesuai selera, dipotong dan ditumis bersama bumbu (duo bawang, dll).




2 comments:

  1. Replies
    1. beneeerr, paling sukaa masak yang gampang2 gini...hehe...jadi andalan klo butuh masak cepet ^^

      Delete