Saturday, May 16, 2015

Ayam Goreng Crispy [Tanpa Telur]




Bismillah.....
Ayam goreng crispy ini mbikinnya udah lama, beberapa minggu yang lalu. Lumayan sering mbikin, karena anak-anak selalu doyan ayam goreng crispy. Kali ini saya buat ayam goreng crispy nya mengikuti resep jamur crispy yaitu dibuat tanpa pelapis telur. Dan ternyata hasilnya tidak kalah gurih lho....kriuk banget dan lumayan tahan lama kriuknya. Tapi tidak selama jamur crispy. Jamur krispi lebih tahan lama kriuknya karena kadar airnya sedikit, jamurnya diperas dulu sebelum dilapisi tepung. Resep ini bisa jadi alternatif jika suatu saat kita ingin mbikin ayam goreng crispy tapi kehabisan stok telur. Berikut ini resepnya yaa :





Ayam Goreng Crispy (Tanpa Telur)

Bahan-bahan :
500 gr ayam, potong-potong

Bumbu perendam (haluskan) :
2 siung bawang putih
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam

Bahan pelapis (aduk rata) :
100 gr tepung terigu 
50 gr tepung maizena 
Sedikit garam dan merica bubuk

Bahan pencelup :
150 gr tepung terigu
30-50 gr tepung maizena
1/4 sdt bawang putih halus ( kali ini saya tdk pakai)
Sedikit garam dan merica bubuk
300-350 ml air atau secukupnya 

Cara Membuat : 
Bahan pencelup : aduk semua bahan kering jadi satu, aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk supaya tepung tidak bergerindil / bergumpal. Hentikan penambahan air bila adonan sudah cukup pas kekentalannya. Jangan terlalu kental supaya saat digoreng tidak keras. Tapi jg jangan terlalu cair. 

Tusuk-tusuk ayam dengan ujung pisau. Lumuri ayam dengan bumbu perendam. 
Aduk rata dan pijit-pijit atau remas-remas supaya bumbu meresap. 
Diamkan ayam didalam lemari pendingin selama kurang lebih 15-20 menit, supaya bumbu lebih meresap. (bila terburu-buru, langkah ini bisa di skip)
Selanjutnya, masukkan ayam ke bahan pelapis, ratakan. 
Kemudian celupkan ke bahan pencelup hingga rata.
Masukkan kembali ke bahan pelapis sambil dipijit2 agar tepung menempel. 
Ayam siap digoreng. Lakukan hal yang sama hingga potongan ayam habis.
Panaskan minyak agak banyak diwajan, usahakan ayam terendam.
Goreng ayam hingga matang kecoklatan.
Angkat dan tiriskan di atas tisu dapur.
Sajikan segera ^^




8 comments:

  1. aihh,enak nih dicocol pake saos hehehe..ekonomis banget ya,tanpa telur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak...saya jg paling suka klo dicocol saus sambel...;)
      Klo tanpa telur gini memang sedikit lebih ekonomis terutama klo harga telur lagi melonjak...hehe

      Delete
  2. Emmmh...nyamnyam kriuksss ayamnyaaa...*comot satu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kriuks kriuks... Silahkan dicomot2 fotonya...hehe :D

      Delete
  3. Halo mba salam kenal ya..mau tanya, utk tepung terigunya apa bs diganti dg tepung lain? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak ^^
      Tepung terigu bisa diganti tepung oatmeal / havermut, Mbak...
      Pakai terigu protein rendah juga bisa.

      Delete
  4. Stevia RebaudianaAugust 9, 2015 at 9:33 AM

    Klo ayamnya diungkep ato rebus dulu bisa gak mbak? Soalnya takut ayamnya masih merah abis digoreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa InsyaAlloh Mbak. Kadang juga saya rebus dulu ayamnya.
      klo tanpa direbus biasanya digoreng deep frying, sampe terendam ayamnya. Minyaknya panas baru di
      masukkan ayamnya, kecilkan apinya. goreng hingga matang. lebih aman digoreng dalam potongan2 kecil atau pakai ayam fillet :)
      klo ayam bagian dada biasanya saya minta difillet ke penjual ayamnya :)

      Delete