Thursday, October 29, 2015

Pukis Mini



Bismillah...
Kue pukis ini adalah salah satu kesukaan anak-anak saya. Sering banget mbikin, biasanya buat bekal sekolah anak-anak. Anak-anak suka kalau pakai topping meses gini, tapi saat toppingnya saya ganti keju, mereka juga doyaan, kecuali Aisyah, kejunya disisihkan hehe. Beberapa hari lalu saya mbikin agak banyak yaitu 2 resep, untuk dibawa ke sekolah, buat dibagi-bagi ke teman sekelasnya Zahra, putri kedua saya. Mbikinnya pagi sebelum barangkat, pas banget matangnya tepat waktu. Begitu matang, didinginkan sebentar lalu berangkaat. Alhamdulillah kata Zahra teman-temannya suka, sedap katanya. Memang pukis ini enak, manis gurih, lembut dan empuk walau sudah dingin. Ga pernah gagal mbikin kue ini, hasilnya selalu enaak, lembut dan bersarang. Saya mbikinnya pakai cetakan kue rangin atau pancong, kue pukisnya jadi mini tapi cocok buat finger food si bungsu, Atha-kun. Atha kun suka banget, sampe ga mau berbagi sama kakak-kakaknya hehe :D






Kal yang difoto ini mbikinnya udah lamaa banget, 1,5 bulan lalu kayaknya. Resepnya saya selalu pakai resep Bu Fatmah Bahalwan. Resep aslinya pukis vanilla, tapi vanilla nya saya skip, berikut ini resepnya yaa :


Pukis Mini
Source : Bu Fatmah Bahalwan, NCC-Indonesia

Bahan-bahan :

Bahan A :
25 gr tepung terigu protein sedang
50 ml air
1 sdt ragi instan

Bahan B :
3 butir telur
200 gr gula pasir (saya pakai 125 gr)
1/2 sdt vanilla (saya tdk pakai)
250 gr tepung terigu protein sedang
300 gr santan
50 minyak sayur (bisa pakai margarin leleh)
1 sdt garam (saya pakai 1/4 sdt)

Bahan C (taburan) :
meses coklat secukupnya

Cara Membuat :
  • Campur Bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
  • Di tempat lain, kocok telur, gula pasir dan vanilla hingga kental, masukkan adonan A, aduk rata.
  • Masukkan juga bergantian tepung terigu dan santan yang telah diberi garam sambil diaduk hingga rata. Tuangkan minyak, aduk rata. Saring bila perlu. Diamkan selama 1 jam. (saya diamkan 1/2 jam)
  • Panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan setengahnya saja. Biarkan hingga terlihat bersarang. Tutup. Setelah setengah matang, taburi meses coklat. Tutup kembali. Matangkan. Angkat.  




9 comments:

  1. aku suka banget pukiss,sering banget beli kalo pulang dari pasar^^
    mbak,apa kabar??beberapa kali g bisa buka blog ini,akhirnya bisa deh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa Mbak...pukis juga favorite says sejak kecil...^^

      Alhamdulillah kabar saya baik...Mbak Hana gimana kabarnya? Lagi hamil kan...semoga sehat selalu yaa...

      Masak sih Mbak, ga bisa buka blog ini...mungkin internetnya lagi lambat kali ya...

      Delete
  2. Assalamualaikum. Dr kmrn pgn bgt nyobain buat kue yg satu ini ^_^, tp alau santan diganti susu cair bisa nggak bun?? Sukron :)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum. Dr kmrn pgn bgt nyobain buat kue yg satu ini ^_^, tp alau santan diganti susu cair bisa nggak bun?? Sukron :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikussalam warohmatullohi wabarokaatuh...bisa diganti susu cair Mbak...pakai air biasa juga bisa. Beda rasa gurihnya aja. Selamat mencoba yaa ^^

      Delete
  4. salam kenal mbak Fatima, selama ini jadi silent reader, baru ini berani nyapa :D
    saya juga suka banget pake resep pukis ncc, cuma bikinnya langsung campur, tanpa bikin biang dulu. foto-fotonya makin cantiiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mbak. Makasih udah sering mampir ^^
      Waah...makasih buat sharingnya Mbak, resep ncc memang top ^^

      Delete
  5. kalo bikin pukis...cetakannya langsung "nangkring" di kompor pa pake alas dulu mb?ak pernah langsung "nangkring"..tp pukis gosong.....akhirnya pake alas dulu...alhamdullilah lmyan hasilnya.....makasih resepnya mb.....salam kenal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mbak ^^
      Saya mbikin nya langsung nangkring diatas kompor tanpa alas apa2 Mbak...
      Pakai api agak kecil biar ga cepet gosong :)

      Delete