Monday, October 19, 2015

Nugget Tahu Teri Nasi Brokoli



Bismillah....
Postingan kali ini adalah salah satu olahan teri nasi atau teri basah. Jika bosan dibuat dadar teri nasi, maka bisa kita olah menjadi nugget, dicampur dengan tahu dan brokoli, hasilnya guriih, anak-anak alhamdulillah doyan. Krispi diluar gurih dan lembut di dalam. Anak-anak tidak mengira kalau nuggetnya ini pakai teri nasi, rasanya guriih. Brokolinya juga menyumbang rasa gurihnya. Karena pakai tahu, nuggetnya lembut. Setelah dikukus, tunggu sampai dingin baru kemudian dipotong-potong. Karena kalau masih panas keburu dipotong, akan mudah hancur, tidak bisa rapi. Kalau mbikin nugget gini enak sekalian banyak, sebagian nuggetnya bisa disimpan difreezer buat stok. Berikut ini resepnya ya :






Nugget Tahu Teri Nasi Brokoli

Bahan-bahan :
200 gr teri nasi (teri basah)
300 gr tahu putih, haluskan
2 butir telur, kocok lepas
75 gr tepung tapioka atau maizena (kali ini saya pakai maizena)
1 bh brokoli, cincang halus

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 buah bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya

Pelapis :
tepung roti atau tepung panir kasar atau panko
1-2 bh telur, kocok lepas

Cara membuat :
Dalam wadah, campur bumbu halus, telur, tahu putih, teri nasi, dan brokoli. Aduk hingga rata.
Masukkan tepung tapioka, aduk hingga rata. Koreksi rasanya.
Tuang adonan ke dalam loyang yang dioles mentega atau minyak, ratakan.
Kukus selama 25-30 menit atau hingga matang. Dinginkan, kemudian potong-potong sesuai selera.
Celupkan potongan2 nugget tadi ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan di tepung roti.
Masukkan nugget ke dalam frezer min 10 menit agar tepung roti nempel dan tidak jatuh ketika digoreng.
Goreng nugget hingga matang keemasan.
Angkat, tiriskan di tisu dapur. Sajikan hangat.





8 comments:

  1. Kayaknya enak nih mba nuggetnya pakai teri nasi, belum pernah nyoba sih...
    jadi penasaran rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk dicoba Mbak....saya sering pakai campuran teri dan tahu ini untuk isian siomay / pangsit goreng dan tahu bakso. Enaak gurih.

      Delete
  2. boleh juga nih dicoba. Biasanya bikin nugget ayam aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari silahkan dicoba Mbak...semoga cocok ^^

      Delete
  3. Mba, makasih bgt buat idenya. Saya selama ini palingan cm bikin dadar teri nasi basah. Ga tau harus diapain lagi. Kmrn2 saya udh nyoba dibikin tahu bakso seperti yang pernah diposting sm mba bbrp wkt lalu. Tp adonannya terlalu encer. Ga mau masuk ke dalem tahunya. Akhirnya cm saya sendokin langsung digoreng..kata suami enak. Rencana yg tadinya mau buat lauk malah ludes dicemal cemil suami. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak...alhamdulillah klo suka. Klo adonan terlalu encer mungkin Teri basahnya terlalu banyak kandungan air nya, biasanya saya cuci lagi trus saring, klo perlu diperes biar airnya berkurang hehe

      Delete