Monday, September 14, 2015

Cake Marmer Tape



Bismillah....
Cake ini adalah cemilan beberapa waktu yang lalu, pas lagi ada stok tape dikulkas, segera saya berdayakan saja. Kali ini coba dibuat cake, pakai resep dasar banana cake yang biasa saya buat. Alhamdulillah rasanya enak, gurihnya tape berpadu dengan coklat marmernya, ga mbikin bosen. Manisnya pas menurut saya, tapi bila ingin lebih manis, takaran gulanya bisa ditambah. Anak-anak saya semuanya doyan alhamdulillah, langsung laris manis tidak bersisa, alhamdulillah 'ala kulli haal.


Untuk kali ini tape nya saya blender bersama minyak dan hasil blenderannya jadi kental, dan seperti biasa tanpa bahan pengembang, hasil cake nya jadi seperti ini, kurang begitu mengembang. Kalau di foto penampakan cake nya keliatan seperti bantat tapi sebenernya ga bantat padet seperti prol, terasa sedikit spongy saat digigit. Mungkin lain kali tapenya tidak saya blender bersama minyak supaya tidak kental jadinya, mungkin faktor ini yang mbikin hasil cake nya setelah dipanggang jadi kurang mengembang. Karena dulu juga pernah mbikin cake ubi kukus, pakai ubi kukus yang diblender bersama minyak, hasil blenderannya jadi kental dan cake nya jadi kurang mengembang, hasil cake nya kenyal hehe :D Jadi pengen mbikin lagi tapi dengan sedikit modifikasi supaya hasilnya lebih mengembang. b
Berikut ini resepnya yaa :







Cake Marmer Tape

Bahan-bahan :
4 butir telur
120 gr tepung terigu
150 gr tape singkong
90 gr gula pasir
100 ml minyak sayur
2 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air hangat

Cara membuat :
Panaskan oven (*ummi: suhu 180 deg C)
Blender tape dan minyak hingga lembut. Sisishkan.
Kocok telur dan gula pasir dgn kecepatan tinggi hingga adonan mengembang. (Kira-kira 5-10 menit)
Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan tepung, aduk perlahan, setelah rata masukkan campuran tape dan minyak, aduk kembali asal rata. Matikan mikser.
Ambil  2 sendok sayur adonan. Tambahkan coklat bubuk yang sudah dilarutkan dengan sedikit air . Aduk rata.
Tuang adonan kuning di loyang persegi 18cm yang sudah dioles minyak, kemudian tuang adonan coklat diatasnya di beberapa titik, buat motif marmer dengan bantuan sumpit atau garpu.
Panggang selama 40 menit atau hingga matang.
Angkat dan didinginkan. Potong-potong dan sajikan.










9 comments:

  1. naksir si gelas yang pake huruf kanjiiiii.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...limited edition Mbak...cuma bawa dikit karena belinya juga terbatas. Stok di tokonya terbatas waktu itu, nyari-nyari sampai keliling-keliling seluruh daiso di Kumamoto :D

      Delete
  2. Oalah.. mba citra juga penggemar daiso ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...bangeet Mbaak...karena dulu hampir tiap hari kesana :D Kebetulan waktu di Kumamoto daiso nya satu lokasi dengan pasar dan satu gedung dengan supermarket langganan ^^

      Delete
  3. Kenalkan,nama saya Yoshimi.
    Saya orang Jepang.

    Kelihatannya enak!

    Nihon no gelas(yunomi) desu ne ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Yoshimi. Saya Citra Dewi Damayanti atau biasa dikenal sebagai Ummu Fatima. Yoroshiku onegaishimasu ^^
      Yoshimi pintar berbahasa Indonesia, sugoi ne.

      Iya benar, yang difoto itu adalah gelas yang saya bawa dari Kumamoto, Jepang. Saya bawa sebagai kenang-kenangan. Udah hampir setahun meninggalkan Jepang, saya masih terbayang-bayang suasana dan kehidupan disana, benar-benar merindukan Kumamoto, my second homeland :)

      Delete
  4. minyak sayur tu apa ya mb?maaf awam dunia baking n cooking....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak yang terbuat Dari tumbuhan Mbak. Bisa pakai minyan canola, minyan zaitun, minyak kelapa sawit, dll. Bisa juga pakai margarine atau mentega leleh. Tapi saya lebih suka minyak sayur karena margarin jika dipanaskan lemak jahatnya lebih tinggi drpd minyak yg dipanaskan. Cmiiw.

      Delete