Wednesday, May 27, 2015

Gethuk Pisang Kuah Santan



Bismillah....
Ini adalah camilan beberapa minggu yang lalu. Waktu itu mbikin banyak sekalian menghabiskan stok pisang ijo yang kematangan dan mulai lembek. Karena malas mbikin cake, akhirnya kepikiran untuk mbikin gethuk pisang aja.Browsing2 resep di google, tertarik dengan resep di cookpad. Tapi pada prakteknya sedikit berbeda. Saya pakai pisang ijo yang udah kematangan dan sedikit lembek, takarannya pun sepertinya kebanyakan. Yang saya pakai 500gr, berat setelah dikupas. Dan hasilnya tidak sesuai harapan, jadinya kelembekan, tapi rasanya enak banget, manis guriih. Dan karena lembek akhirnya gethuk pisangnya ini saya sajikan dengan kuah santan aja. Santannya saya pakai santan segar, non kolesterol. Alhamdulillah lumayan juga buat cemilan sore hari :) Lain kali pengan mbikin gethuk pisang lagi, karena belum puas dengan yang ini tapi pengen modifikasi resepnya supaya hasilnya ga kelembekan lagi :)






Gethuk Pisang Kuah Santan

Bahan-bahan
500gram Pisang lilin (saya pakai pijang ijo, berat setelah dikupas 500gr)
60gram Tepung beras
25gram Tepung sagu
100ml Santan
125gr Gula pasir (saya pakai 75 gr)
garam secukupnya
vanili secukupnya (saya tdk pakai)
Daun pisang (untuk membungkus)

Kuah Santan :
Santan instan
air matang secukupnya
sedikit garam.

Cara Membuat :
Kuah santan : aduk semua bahan jadi satu. Koreksi rasanya. Sisihkan.
Panaskan panci kukusan. Kupas pisang, cuci hingga bersih kemudian kukus hingga matang. Setelah matang, angkat lalu hancurkan pisang selagi panas. Sisihkan. (Pisangnya tidak saya kukus langsung saya lumatkan).
Pisang yang telah hancur dicampur dengan tepung beras, tepung sagu, gula, garam, dan vanili aduk rata kemudian masukkan santan perlahan.
Panaskan kembali panci kukusan. Bentuk adonan seperti lontong dgn diameter 3-4 cm (sesuai selera). Bungkus dengan daun pisang, lakukan sampai adonan habis. )saya kukus di loyang yang dialasi daun pisang).
Kukus 40 menit atau hingga matang.
Sajikan bersama kuah santan.

4 comments:

  1. Replies
    1. gethuknya kelembekan Mbak, jadinya saya sajikan dengan kuah santan biar laris...hehe

      Delete
  2. bikin ngeces. jadi ingat ketika masih kerja di penerbit buku, kalo ada distributor dari kediri mesti bawa gethuk pisang. enak dan wangi gethuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu juga seriin makan gethuk pisang Mbak... seringnya dapat dari tetangga... nyoba mbikin sendiri ternyata belum berhasil. pisangnya kematangan dan lembek. gethuknya jadi lembek hasilnya. kurang padat.

      Delete