Monday, November 30, 2015

Kue Cubit Lagiii ...



Bismillah...
Kira-kira dua bulan terakhir, saya sering mbikin kue cubit tanpa bahan pengembang apapun, termasuk tanpa ragi juga. Dulu ragi saya pakai untuk menggantikan baking powder. Dan belakangan saya sudah tidak memakai ragi lagi untuk mbikin kue cubit. Supaya kue tidak bantat, telur dan gulanya saya kocok hingga mengembang dan mengental sekitar 5 menitan, setelah itu masukkan bahan lainnya secara bergantian. Alhamdulillah hasilnya lumayan berserat kue cubitnya, terlihat dari permukaannya yang sedikit berlubang2. Sayang saya lupa memotret bagian dalam serat kuenya. Kue cubit ini teksturnya agak mirip-mirip bolu, dan tetap empuk walau sudah dingin...kalau anak-anak, jangan ditanya, mereka sukaaa banget, sampe saya mbikin lagi 2 resep >.<





Kue Cubit (No food additives)

Bahan-bahan :
2 butir telur
75 gram gula pasir (atau sesuai selera)
150 gram tepung terigu protein sedang
150 ml santan
50 gram margarin, dilelehkan (bisa pakai 50ml minyak sayur)
chocochips untuk taburan

Cara Membuat :
Dalam wadah, kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan tinggi sampai mengembang dan mengental. Lamanya mengocok kira-kira 5 menit.
Tambahkan tepung terigu, santan dan margarin leleh bergantian sambil diaduk rata (dikocok rata dengan kecepatan rendah). Setelah rata, matikan mikser.
Panaskan cetakan kue cubit. Gunakan api kecil. Oleskan minyak atau margarin. Setelah cetakan panas, tuang adonan. Kemudian taburi chocochips. Tutup cetakan, masak sampai kue matang. Angkat dan sajikan hangat-hangat ^^

No comments:

Post a Comment